1000 Lilin untuk Palestina

 335 total views,  2 views today

Pray Fot Palestine - Gabungan aktivis kampus dari berbagai organisasi melakukan aksi seribu lilin di bundaran Air mancur, Palembang, Kamis malam lalu. Aksi ini merupakan aksi lanjutan para aktivis untuk mendoakan para korban dan mengecam militer Israel atas agresi militernya terhadap palestina yang secara biadap dan tak berprikemanusiaan. | Foto : Bagus Kurniawan

Gabungan aktivis kampus dari berbagai organisasi melakukan aksi seribu lilin di bundaran Air mancur, Palembang, Kamis malam lalu. Aksi ini merupakan aksi lanjutan para aktivis untuk mendoakan para korban dan mengecam militer Israel atas agresi militernya terhadap palestina yang secara biadap dan tak berprikemanusiaan. | Foto : Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Banyak jalan menuju Roma, mungkin pepatah bijak inilah yang dipakai oleh beberapa organisasi masyarakat dalam menunjukkan kepedulian mereka untuk masyarakat Palestina di Jalur Gaza, yang digempur pasukan Israel.

Sejumlah organisasi diantaranya Mahasiswa Hijau Indonesia (MHI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Aliansi Masyarakat Adat Nasional (AMAN) Sumsel, Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Sumsel, Kamis (18/7) malam,  menggelar aksi damai dengan tajuk Solidaritas Palestina di Bundaran Air Mancur, Palembang.

Dalam aksinya tersebut, pantauan Kabar Sumatera, mereka menyalakan lilin sebagai simbol keprihatinan terhadap nasib masyarakat Palestina. Mereka juga mendoakan masyarakat Palestina, terbebas dari serangan Israel.

Tak hanya aksi, aksi damai tersebut juga diisi dengan renungan suci, dan pembacaan puisi yang isinya menggambarkan derita warga Palestina dan kekejaman Israel.

“Apa yang dilakukan Israel, adalah bentuk kekejaman dan bentuk pembunuhan massal. Tindakan tersebut, harus segera dihentikan. Sayangnya sampai saat ini Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan dunia internasional, terkesan diam dengan tindakan Israel itu,” kata Rian Syahputra, Kepala Divisi Politik dan Hubungan Eksternal MHI Sumsel, dalam orasinya.

Sementara itu, Ketua BPAN, Yusri Arafat menambahkan, tindakan Israel tersebut jelas bentuk pelanggaran Hak Azazi Manusia (HAM). “Anehnya, dunia seakan tutup mata. Dimana negara-negara yang selama ini, berkoar-koar menerikakkan HAM,” ucap Yusri.

Galang Dana

Sementara itu, Jumat (18/7), Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palembang bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Kota Palembang, komunitas motor dan mobil serta organisasi lainnya, melakukan penggalangan dana untuk masyarakat Palestina.

Penggalangan dana tersebut kata Kepala Dinsos Kota Palembang, Faizal AR, dilakukan di simpang lima DPRD Sumsel, Jalan Kapten A Rivai mulai kemarin (Jumat) sampai tujuh hari kedepan.

“Kami membangun posko bantuan disana, warga yang ingin menyalurkan bantuannya bisa mendapatkan posko tersebut. Aksi ini dilakukan, untuk mengakomodir komunitas-komunitas masyarakat yang menggalang dana secara sendiri-sediri untuk warga Palestina,” terangnya.

Dengan adanya posko tersebut terang Faizal, diharapkan tidak ada lagi kelompok masyarakat di Palembang yang menggalang dana untuk Palestina dengan cara meminta-minta kepada pengendara kendaraan yang melintas.

“Kita sudah ada Perda Nomor 12 tahun 2013, yang melarang meminta-minta di jalan. Perda ini diberlakukan untuk siapapun, karena itu posko ini didirikan sebagai wadah untuk bersatu mengalang dana untuk Palestina,” sebutnya.

Menurut Faizal, posko yang melibatkan banyak komunitas itu, akan operasional dari pukul 07.00-22.00 WIB. Di posko tersebut, akan setiap harinya ada satu perwakilan setiap komunitas yang stand by

“Semuanya, harus transparan. Kalau dana sudah terkumpul, akan kita kirim melalui bank. Kalau ada orang, lembaga atau komunitas yang meminta-minta bantuan untuk Palestina di simpang lampu merah lainnya, akan kami tindak karena itu ilegal,” tukasnya.

 

TEKS              : ARDHY FITRIANSYAH/ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster