Waspada Daging Oplosan

 229 total views,  2 views today

28-3-2013------daging

PALEMBANG – Menjelang Idul Fitri 1435 Hijriah, kebutuhan daging maupun ayam potong akan meningkat tajam. Peningkatan kebutuhan tersebut, diduga dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan besar.

Caranya, mengoplos daging dengan mencampur daging sapi dengan daging celeng atau babi hutan. Sementara untuk daging ayam, oknum pedagang nakal ini menjual daging ayam tiren. Karenanya masyarakat diminta untuk waspada.

“Banyak cara yang dilakukan pedagang nakal, untuk mengeruk keuntungan. Misalnya daging celeng dimasukkan dalam abon atau bakso,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Palembang, Syahrul Hefni, Rabu (16/7).

“Tidak susah membedakan atara daging sapi asli dengan palsu, lihat saja harganya. Biasanya daging oplosan dan gelonggongan, lebih murah. Selain itu, ciri-cirinya  menimbulkan bau tidak sedap,” terangnya.

Kemudian sambungnya,  untuk daging ayam tiren ciri-cirinya biasanya telah beraroma agak amis, dagingnya pucat, terdapat bercak darah dibagian kepala atau leher ayam. “Karenanya saat membeli, teliti dahulu. Jangan sampai salah memilih, sebab berpengaruh pada kesehatan tubuh,” tegasnya.

Disperindagkop sebutnya, rutin memantau barang-barang yang masuk maupun yang beredar di pasar-pasar tradisional di Palembang. Karena sebutnya, itu merupakan tugas Disperindagkop. “Selain itu, kami juga melakukan pemantauan harga, jangan sampai naik terlalu tinggi saat menjelang lebaran nanti,” akunya.

Syahrul menyebutkan, sejauh ini pasar-pasar tradisional yang ada di metropolis, masih aman. Tidak ada pedagang, yang menjual daging tidak sehat. “Pengawasan terus dilakukan,  kami juga menghimbau kepada masyarakat Palembang untuk melaporkan kepada kami jika menemukan pedagang nakal, yang menjual daging sapi atau ayam palsu atau oplosan,” tukasnya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster