Volume Sampah Diprediksi Meningkat

 288 total views,  2 views today

Aktivitas pengolahan Sampah | Foto ; Bagus Kurniawan KS

Aktivitas pengolahan Sampah | Foto ; Bagus Kurniawan KS

PALEMBANG – Volume sampah di Kota Palembang pada saat perayaan Idul Fitri mendatang, diprediksi akan meningkat.  Kepala Dinas Kebersihan Kota (DKK) Palembang, Agoeng Noegroho menyebut, saat ini dibulan suci Ramadhan, volume sampah sudah meningkat 10 persen dibandingkan hari biasa.

“Selama Ramadhan ini, volume sampah meningkat menjadi 660 ton perharinya, sementara untuk lebaran nanti, diperkiran volume sampah naik mencapai 800 ton,” kata Agoeng yang dibincangi di Balai Kota Palembang, Rabu (16/7).

Menurut Agoeng, sampah yang paling mendominasi di bulan Ramadahan adalah sampah buah-buahan atau sampah basah. “Kalau di persentase, jumlah sampah basah mencapai 70 persen, dari jumlah total sampah yang ada saat ini. Sementara 30 persennya, dihasilkan sampah kering, seperti plastik, daunan yang runtuh akibat kemarau dan lainnya,” bebernya.

Agoeng menyebutkan, untuk mengantisipasi peningkatan volume sampah, DKK akan mengerahkan semua petugasnya sejak H-3 Idul Fitri. Mereka, akan disebar dibeberapa titik di metropolis terutama di masjid-masjid yang menyelenggarakan Shalat  Id. “Tahun 2013 lalu, kami turunkan 250 petugas kebersihan. Tahun ini, petugas yang disebar berjumlah 320 orang, setiap titik akan diterjukan sebanyak 3-4 orang,” bebernya.

Agoeng mengaku, petugas yang ditugaskan pada saat lebaran itu, nantinya akan dihitung lembur. Dengan kenaikan gaji sebesar Rp 20 ribu setiap petugas. “Yah, kami naikkan gaji mereka. Palembang akan tetap bersih,” tukasnya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster