Kontrol Fisik Dengan Polar

 278 total views,  2 views today

5

Dino Sepriyanto
Pelatih Fisik. Foto : Iwan Cristian / KS

PALEMBANGUntuk mengontrol fisik para penggawa Sriwijaya FC, pelatih fisik Dino Sepriyanto mengatakan,  dirinya selalu menggunakan Polar sebagai alat yang realistis untuk menilai kebugaran setiap pemain.

Polar merupakan sebuah alat yang dirancang untuk mendeteksi  detak jantung, agar lebih terkontrol saat latihan,  kemudian melihat jumlah kadar  kalori yang terbuang selama latihan dan yang terakhir untuk melihat sejauh mana jarak/ketahanan fisik  yang di tempuh pemain selama latihan (dalam satuan KM).

Alat ini sendiri dipasang Dino secara acak kepada setiap pemain saat latihan fisik. Dan diakui Dino, dirinya sudah mulai menggunakan itu pada tahun 2003 dan 2005 saat melatih di Persebaya Surabaya untuk persiapan Liga Champion Asi (LCA).

Sementara itu, untuk di SFC, Dino telah memulainya pada ajang persiapan turnamen-turnamen pramusim seperti Inter Island Cup (IIC) 2014. “Alatnya  dipasang di dada (pas di muka jantung),  sedangkan monitornya berupa jam di tangan. Itu alat punya pribadi, saya ada empat  buah, cuma yang saya pakai disini satu buah,yang tiga  ada di rumah,” ungkap Dino.

Menurut Dino, alat ini sudah sejak lama dipakai oleh tim-tim yang ada di Eropa serta tim peserta Piala Dunia. Bahkan sekarang ada lagi yang tercanggih,  GPR (Global Positioning Sport). “Tapi kalau GPR ini  memang harganya sangat mahal, softwarenya saja sekitar Rp. 100 juta-an,” tuturnya.

TEKS : IQBAL

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster