Kawasan Bukit Garbah Bukan HTR

 276 total views,  2 views today

OKU SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan menegaskan, kawasan Bukit Garbah bukanlah kawasan Hutan Tanaman Rakyat (HTR). Kawasan tersebut bersatus kawasan hutan lindung. Sehingga untuk pemanfaatannya, ada proses yang harus dilalui.

Bupati OKU Selatan, Hj Herawati Gatot menyebut, sesuai dengan Peraturan Menteri Kehutanan (Permenhut) Nomor P.23/menhut-II/2007 tentang Tata Cara Permohonan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Kayu Hutan Tanaman Rakyat, sebagaimana diubah dalam Permenhut Nomor.P.05/Menhut-II/2008, diterangkan pada pasal 2, penetapan areal hutan di lakukan oleh menteri pada kawasan hutan produksi yang tidak produktif yang tidak dibebani oleh izin.

“Dalam pasal tersebut jelas bahwa program HTR tidak dapat dimasukkan ke dalam kawasn hutan lindung,  status Bukit Garbah sampai saat ini masih dalam kelompok hutan lindung yang tidak bisa dimasukkan dalam program HTR,” kata Herawati saat rapat paripurna DPRD Kabupaten OKU Selatan, Rabu (16/7).

“Apabila ada oknum tertentu yang menjadikan hutan lindung di Bukit Garbah, sebagai areal HTR tanpa ada keputusan Mentri Kehutanan, maka itu bisa di pidana sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.  Kita akan selalu melakukan pengawasan dan pengecekan keberadaan dan kondisinya dilapangan,” terang Herawati.

Pernyataan yang disampaikan Herawati ini, menanggapi pertanyaan yang diajukan anggota DPRD OKU Selatan terkait kian maraknya pembukaan lahan, perambahan hutan dan penebangan secara illegal di Kabupaten OKU Selatan, termasuk dikawasan hutan lindung Bukit Garbah.

“Hutan lindung Bukit Garbah, pernah dihijaukan pada tahun 1978 hingga tahun 1980 melalui program ABRI Manunggal Reboisasi (AMR). Kini kondisi disana, dikabarkan telah di kapling–kapling per persil dan telah dibuka untuk kegiatan HTR seperti perkebunan kopi dan lainnya,” kata anggota DPRD OKU Selatan, Jauhari.

TEKS              : FITRI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster