Dewan Kritisi Kinerja Kepala SKPD

 83 total views,  7 views today

PAGARALAM – Kurang kooperatifnya sikap beberapa kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dilingkungan Pemerintah Kota Pagaralam, untuk bekerja sama dengan lembaga wakil rakyat ini, hingga menimbulkan segudang  pertanyaan.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pagaralam menilai kinerja SKPD, menujukan sikap kurang profesional dan seakan-akan tidak ingin bekerjasama dengan mereka. Karena setiap kali diundang untuk pembahasan program kerja dan anggaran tahunan kerap tidak menghadiri. Hal itu dikemukakan juru bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Pagaralam, Alpian SH, Rabu (16/7 kemarin.

Menurutnya, sudah sering kali kepada dinas atau SKPD diundang guna membahas rencana anggaran untuk program kerja tahunan yang baik yang dituangkan kedalam ABT dan APBD, justru seakan-akan tidak proaktif dan bahkan tidak hadir.

“Ya, anggota dewan ini terdiri dari bermacam-macam latar belakang,  seperti pedagang, petani, birokrasi dan termasuk pengusaha. Namun,  tidak akan semua paham dengan berbagai kegiatan yang diajukan setiap SKPD,” katanya.

Kehadiran kepala SKPD untuk melakukan pembahasan dengan dewan lanjutnya,  begitu urgen dilakukan agar semua penyusunan anggarannya dapat lebih jelas.

“Kami pun ingin mendukung program pemerintah dalam memajukan berbagai pembagunan di Bumi Besemah ini, tentunya harus diikuti dengan kerjasama yang baik dengan setiap SKPD,” ujarnya.

Namun untuk ketidak hadiran kepala dinas dalam setiap pembahasan anggaran, tentunya dapat mengperhambat proses penyelesaian pembahasan setiap rancangan dalam pembiayaan disetiap satuan kerja (Satker) tersebut. Padahal  semua pembahasan anggaran dilakukan untuk mengefektifkan program kerja dan mengefesienkan anggaran, agar apa yang dilakukan pemerintah benar-benar tepat sasaran.

“Kami menilai ada diantara dinas yang mengajukan program kerja tanpa mempertimbangkan esensinya, sehingga terkesan asal jadi,” ujarnya seraya berkata program-program yang diberikan pemerintah saat ini belum sepenuhnya menjawab permasalahan itu, sehingga banyak menimbulkan persoalan baru di dalam masyarakat, seperti persoalan bidang pertanian, infrastruktur dan termasuk bidang yang dapat mendukung peningkatan ekonomi masyarakat.

Terpisah, Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni mengatakan, berbagai masukan dari dewan tentunya sangat diharapkan sebagai bahan kajian dan perbaikan dimasa yang akan datang.
“Kami ucapkan terima kasih atas kerjasama yang sudah dilakukan antara eksekutif dan legislatif selama ini dan tentunya akan semakin tingkatkan dimasa mendatang,” jelasnya seraya berujar apalagi sebentar lagi ada beberapa anggota dewan akan mengakhiri masa jabantan, tentunya masih sangat diharapkan adanya kritik dan saran demi kemajuan di Bumi Besemah ini.

TEKS:ANTONI STEFEN
EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster