87 Paket Pekerjaan Belum Ditender

 328 total views,  2 views today

OKU SELATAN – Dari total 187 paket pekerjaan yang ada di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, hingga pertenggahan tahun ini, masih ada sebanyak 87 paket proyek yang belum ditender kan dengan total nilai Rp 60.376.623.205.

Hal ini diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) OKU Selatan, Hj Herawati Gatot saat membacakan jawaban Bupati OKU Selatan terhadap pandangan umum fraksi-fraksi di DPRD Kabupaten OKU Selatan dalam rapat paripurna DPRD OKU Selatan, Rabu (16/7).

Menurut Herawati,  tahun ini jumlah paket proyek yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) OKU Selatan 2014 ada 178 paket dengan total nilai sebesar Rp 253.654.748.318.

Sedangkan paket yang sudah ditenderkan adalah sebanyak 91 paket, dengan besar anggaranya Rp 193.278.125.133.  Sehingga terangnya, ada 87 paket pekerjaan lagi yang belum ditenderkan.

“Kami akan memerintahkan Kantor Pelayanan Penggadaan dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, untuk mempercepat proses tender, termasuk untuk paket pekerjaan penunjukan langsung oleh SKPD bersangkutan,” kata Herawati.

Masih banyaknya paket pekerjaan yang belum ditenderkan tersebut, mengundang kritik dari anggota DPRD OKU Selatan.  Apalagi selama ini menurut mereka, banyak laporan dari masyarakat dan temuan dilapangan yang menyebutkan sejumlah pekerjaan di OKU Selatan dikerjakan dalam waktu yang singkat.

“Kondisi inilah yang sering mempengaruhi kualitas pengerjaan proyek tersebut, kalau waktu pengerjaannya menjelang tutup anggaran maka pelaksanannya tentu tidak maksimal. Sebab mereka dikejar waktu, sehingga kualitas pekerjaan tersebut, bisa diragukan,” terang Samrin, juru bicara Fraksi Kebangkitan Keadilan Sejahtera.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten OKU Selatan, Sudirman melalui Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya (CK), Faisal menyebut,  masih adanya paket pekerjaan yang belum ditenderkan disebabkan banyak berkas-berkas proyek tersebut yang perlu direvisi ulang.

Selain itu bebernya, ada juga berkas-berkas yang belum dilengkapi sehingga dibutuhkan waktu untuk meminta berkas tersebut ke pihak rekanan yang bakal mengikuti tender suatu pekerjaan.

“Namun dalam waktu dekat ini, kita akan segera melelang salah satu paket pekerjaan yakni Pembangunan Masjid Raya. Pembangunan masjid tersebut, tahun lalu sempat terhenti. Namun tahun ini, kita kerjakan kembali,” tukasnya.

TEKS              : FITRI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster