THR Wajib Bagi Perusahaan

 281 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

EMPAT LAWANG – Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para pekerja atau karyawan adalah kewajiban bagi perusahaan. Begitu juga di Empat Lawang, semua perusahaan harus membayar THR paling lambat H-7 Idul Fitri.

Demikian ditegaskan Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Empat Lawang, Edison Jaya, kemarin. Acuannya jelas, ada Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans) Nomor 4 tahun 1994 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja di Perusahaan-Perusahaan,” jelas Edison, Selasa (15/7).

Disebutkannya, di Empat Lawang ada sekitar 40 perusahaan sudah disampaikan surat edaran. Isinya himbauan agar perusahaan membayar THR, bagi karyawan dan pekerja sesuai ketentuan. Namun tidak menampik juga bahwa imbauan bukan paksaan bagi perusahaan dimaksud.

Ditambahkan Edison, ketentuan pemberian THR antara lain, diberikan kepada Pekerja yang telah mempunyai masa kerja 3 (tiga) bulan secara terus menerus atau lebih. Jika pekerja telah mempunyai masa kerja kurang dari 12 bulan atau lebih diberikan THR sebesar 1 (satu) bulan upah/gaji. Bagi pekerja mempunyai masa kerja kurang dari 12 bulan, diberikan secara propesional, yaitu masa kerja per 12 bulan dikali 1 bulan upah atau gaji.

Lanjutnya, perusahaan yang telah membuat kesepakatan bersama atau peraturan perusahaan,atau atau kebiasaan yang pernah dilakukan lebih besar dari nilai THR sebulan gaji, maka THR yang disepakati tersebut yang diikuti. Terakhir pembayaraan THR wajib dibayarkan selambat-lambatnya tujuh hari, sebelum hari raya keagamaan.

Edison menegaskan, semua pengusaha wajib mematuhi jadwal membayarkan tunjangan hari raya (THR) harus sesuai dengan upah minimum disepakati. “Namanya wajib, ya harus dijalankan perusahaan. Tentu ada sanksi jika melanggar sesuai ketentuan dan Undang Undang berlaku,” tukasnya.

 

TEKS            : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster