Tak Ada Sanksi Tegas, PNS OKI Masih Berkeliaran

 277 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

KAYUAGUNG – Diduga tak ada sanksi tegas oleh pemerintah kabupaten setempat, membuat sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Pemkab OKI masih saja membandel karena tetap berkeliaran di tempat umum saat jam kerja. Padahal pemerintah telah memberikan toleransi dengan mengurangi jam kerja selama Ramadhan.

Tempat keliaran para Abdi Negara yang digaji menggunakan uang rakyat itu seperti biasa yakni di tempat umum seperti Pasar Pagi Kayuagung, Shoping Center Kayuagung, Bank SumselBabel Cabang Kayuagung dan lembaga perbankan lainnya.

PNS laki-laki dan perempuan yang berkeliaran tentunya untuk keperluan pribadi, bukan kepentingan instansi di tempatnya bekerja. Seperti yang di pasar dan shoping, PNS yang masih berpakaian dinas lengkap ini berbelanja pangan dan sandang dan kebutuhan berbuka puasa.

Pengamatan di Pasar Pagi dan Shoping Center Kayuagung, Selasa (15/7) kemarin, sejumlah PNS yang berkeliaran antara pukul 09 30 WIB hingga siang hari. Padahal sesuai surat edaran gubernur dan bupati, jam kerja PNS hari Senin s/d Kamis masuk pukul 08 00 WIB, istirahat pukul 12 00 s/d 12 30 WIB dan pulang pukul 15 00 WIB.

Beberapa PNS di OKI saat ditemui di pasar kemarin mengaku ke tempat itu untuk membeli bahan sayuran, lauk pauk dan bahan pokok berbuka puasa serta sekedar melihat-lihat pakaian baru yang dijual untuk berlebaran. Merekapun mengakui jika pergi ke pasar saat masih jam kerja.

“Kalau di kantor ngantuk, kebetulan di kantor juga sedang sepi gawean,” kata seorang PNS berinisial S yang mengaku kesehariannya bekerja di Setda OKI. Katanya, dia memilih berbelanja di jam kerja karena jika ke pasar sudah sore pedagang di pasar mulai sepi.

Sebelumnya, Darno Adriano selaku Kabid Hukum dan Perundang-undangan Pegawai BKD OKI mengatakan, sebelum masuknya Ramadhan pihaknya sudah memberikan surat edaran ke seluruh SKPD di jajaran Pemkab OKI tentang pengaturan jam kerja selama bulan puasa.

Dibeberkannya, surat edaran dari Bupati OKI melalui BKD OKI berisikan berisikan tentang lamanya kerja PNS saat Ramadhan setiap hari hanya 6,5 jam atau berkurang 1,5 jam dari jam kerja di hari bulan biasa. Rinciannya, Senin s/d Kamis, PNS masuk kerja pukul 08 00 WIB, istirahat pukul 12 00-12 30 WIB dan pulang pukul 15 00 WIB.

“Kecuali hari Jum’at, masuk kerja memang jam 08 00 WIB, tapi jam istirahatnya pukul 11 30-13 00 WIB dan pulangnya jam 15 30 WIB,”kata dia. Terkait adanya oknum PNS yang melanggar surat edaran, pihak BKD memberikan wewenang kepada masing-masing Kepala SKPD di tempat PNS bekerja.

“Itu wewenang masing-masing pimpinan mereka. Namun saksinya bersifat pembinaan, dimulai dari teguran lisan, teguran tertulis,” ujar Darno Adriano.

 

TEKS   : DONI AFRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster