382 CJH OKI Lunasi BPIH

 235 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

KAYUAGUNG – Sebanyak 382 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sampai saat ini sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) untuk musim haji tahun ini, setelah sebelumnya Kementrian Agama memberi kesempatan pelunasan perpanjangan atau tahap kedua sejak 14 -17 Juli 2014.

Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Haji Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten OKI, Asmuni, bahwa dari 382 CJH Kabupaten OKI, semuanya sudah melunasi BPIH.

“Sebelumnya di tahap pertama ada 303 yang sudah melunasi kemudian, di tahap kedua ada 17 jemaah yang melunasi, kemudian ditambah 55 CJH yang tertunda keberangkatannya di tahun 2013 yang lau, sehingga mereka masuk dalam kuota tahun 2014 ini, jadi semua CJH OKI sudah melunasi BPIH,” katanya, Selasa (15/7).

Ia menambahkan, para jamaah yang melunasi BPIH terdiri dari jamaah yang setoran awalnya Rp 20 juta dan Rp 25 juta. Ada juga jamaah yang melunasi BPIH setelah tertunda keberangkatannya pada tahun-tahun sebelumnya.

“Pelunasan BPIH 2014 ini akan berlaku bagi jamaah haji yang akan berangkat pada musim haji tahun ini,” jelasnya.

Jumlah jamaah haji untuk skala nasional akan tetap sama seperti tahun lalu, mengenai biaya BPIH tersebut kanya sesuai dengan PP nomor 49 tahun 2014 tentang biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun 1435 hijriah/2014 masehi.

“Besaran BPIH meliputi biaya penerbangan haji, biaya pemondokan di Mekkah dan biaya hidup untuk jamaah haji,” paparnya.

Besaran BPIH untuk setiap Embarkasi berbeda, BPIH untuk Embarkasi Palembang adalah sebesar US$3.070.

“Pembayaran akan dilakukan di 17 bank yang ditunjuk serta bank yang sebelumnya sama dengan pembayaran setoran awal. Pelunasan BPIH secara langsung dan tunai dapat dilakukan di kantor Kemenag,” terangnya.

Tahapan selanjutnya menurut Asmuni, sesudah lebaran akan dijadwalkan untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk CJH bersama dinas Kesehatan Kabupaten OKI.

“Hal ini untuk mengetahui kondisi jemaah yang beresiko tinggi, sehingga akan mendapat perhatian penuh dari petugas haji,” imbuhnya.

Kata Kepala Kemenag OKI Ishak Puteh, jumlah CJH OKI sebanyak 382 itu, termasuk  tambahan 55   CJH OKI yang batal berangkat pada musim haji  tahun 2013 setelah adanya kuota pengurangan pemberangkatan CJH  akibat  dampak dari  pengurangan kuota dari Pemerintah Negara Arab Saudi.

“Kita berharap semua CJH OKI semuanya dapat berangkat menunaikan Ibadah Haji tanpa ada pengurangan kuota seperti tahun lalu,” tambahnya.

 

TEKS   : DONI AFRIANSYAH

EDITOR : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster