Waspadai Makanan Kadaluarsa

 81 total views,  3 views today

kadaluarsa

OKU SELATAN –  Dinas Koperasi, UKM, Industri dan Perdagangan Kabupaten OKU Selatan menghimbau masyarakat untuk lebih teliti dalam membeli barang menjelang Idul Fitri. Sebab bukan tidak mungkin, ada barang yang kadaluarsa namun tetap dijual oleh pedagang nakal.

Namun untuk melindungi masyarakat, Dinas Koperasi, UKM, Industri dan Perdagangan Kabupaten OKU Selatan akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional dan toko-toko yang ada di OKU Selatan.

“Ini kita lakuan, untuk memastikan tidak ada makanan dan minuman kadaluarsa yang dijual pedagang sekaligus untuk melindungi masyarakat,” kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Industri dan Perdagangan Kabupaten OKU Selatan melalui Kabid Perdagangan, Isran Suhardi ketika dibincangi di ruang kerjanya, Senin (14/7).

Isran menyebut, sidak tersebut rencananya akan digelar seminggu sebelum Idul Fitri. Sidak ini terangnya akan dilakukan bersama instansi terkait seperti Dinas Kesehatan (Dinkes), Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan Dinas Peternakan dan Perikanan.

Dalam sidak tersebut tegasnya, pasar tradisional dan toko-toko yang ada di Kota Muaradua, akan menjadi sasaran. “Kita akan cek tanggal kadaluarsa makanan dan minuman, yang mereka jual. Jika ditemukan ada yang sudah kaladuarsa, kita minta untuk ditarik dan dilarang untuk dijual,” tegasnya.

Irsan menerangkan, kemungkinan ada makanan dan minuman kadaluarsa yang tetap dijual oleh pedagang nakal tersebut, besar kemungkinan terjadi. Apalagi sebutnya menjelang Idul Fitri, biasanya permintaan terhadap makanan dan minuman meningkat.

Masyarakat pun biasanya beber Irsan saat itu, cenderung kurang waspada dan teliti sehingga dimanfaatkan oleh oknum pedagang nakal untuk menarik keuntungan besar. “Karenanya kita himbau masyarakat, untuk lebih teliti dan waspada. Sebaiknya sebelum membeli produk makanan terutama dalam kemasan, periksa dulu tanggal kadaluarsanya,” tukasnya.

 

TEKS              : FITRI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster