Tingkatkan Kualitas Pendidikan Melalui kurikulum 2013

 198 total views,  2 views today

Ilst. Kurikulum

Ilst. Kurikulum

INDERALAYA  – Memasuki ajaran baru, seluruh Kepala Sekolah (Kepsek), khususnya di Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI), untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui kurikulum 2013.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Kecamatan Tanjung Batu,  Hapizoh S.Sos, Senin (14/7), kemarin.

“Ya, ini kan sudah masuk ajaran baru dan kurikulum 2013 sudah diterapkan. Saya minta kepsek untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” ajaknya.

Menurutnya, pada kurikulum 2013, sistem yang dilakukan yakni menjadikan siswa lebih cerdas dan lebih berfikir kreatif. Proses pembelajaran kurikulum 2013 dengan mengadakan proses pembelajaran dengan sistem pendekatan siswa dengan cara Saintifik.

“Menemukan gagasan, berdiskusi sehingga menimbulkan kreatifitas siswa,” paparnya.

Ia menambahkan, pada kurikulum 2013 juga dilakukan sistem penilaian dengan cara pengetahuan, keterampilan dan sikap, baik itu sikap terhadap agama dan sosial. “Perilaku keseharian siswa juga masuk menjadi penilaian, hubungan sosial di lingkungan sekolah, juga kegiatan dalam melakukan ibadah di sekolah,” ungkapnya.

Lanjut Kacabdin, demi meningkatkan kualitas pendidikan, orang tua harus berperan aktif untuk menumbuhkan prestasi yang ada dalam diri anak yakni dengan membangun komunikasi antara guru dengan orang tua murid.

“Ini bisa saja tercapai dan sekarang kami sudah ada buku penghubung antara guru dengan orang tua murid. Orang tua juga selalu mengawasi, mendidik anak mereka di rumah agar prestasi mereka tumbuh dan terhindar dari prilaku pergaulan bebas, narkoba, tawuran. Orang tua harus membentuk moral anak dengan berpegang teguh dengan agama,” tuturnya.

Disinggung masalah Masa Orientasi Siswa (MOS), Kacabdin menjelaskan, dalam proses MOS, kegiatan tersebut diharapkan sesuai dengan ketentuan dan tidak melakukan sesuai yang bersifat melanggar.

“Untuk MOS, jangan ada sekolah yang melakukan kegiatan yang melanggar ketentuan. Dikhawatirkan terjadi sesuatu yang kita tidak inginkan,” ucapnya.

 

Teks     : Junaedi Abdillah/Novriyadi (MG)

EDITOR   : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster