Sumsel Tuan Rumah Asian Games

 213 total views,  2 views today

Komplek Olahraga Jakabaring Palembang | Dok KS

Komplek Olahraga Jakabaring Palembang | Dok KS

PALEMBANG – Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dipastikan akan menjadi tuan rumah Asian Games dari Indonesia.  Hal ini diungkapkan Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Sumsel, Irene Camelyn Sinaga saat diwawancarai, Senin (14/7).

Irene mengatakan, berdasarkan hasil keputusan dari Komite Olahraga Indonesia (KOI), tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2019, adalah Provinsi Sumsel. “Ketua KOI, Rita Subowo sudah menegaskan hal itu di kantornya pada saat silahturahmi pengurus pusat dan pengurus besar induk organisasi olahraga yang ada di Indonesia, Jumat lalu,” kata Irene.

Namun sayangnya terdapat beberapa cabang yang akan digelar di provinsi lain. “Kita memang ditunjuk menjadi penyelenggara atau tuan rumah Asian Games 2019 oleh KOI, tapi terdapat dua provinsi lagi menjadi lokasi beberapa cabang pertandingan yaitu DKI Jakarta dan Jawa Barat (Jabar),” terang Irene.

Irene menjelaskan, namun keputusan untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2019 tersebut masih menunggu hasil keputusan dari Dewan Olimpiade Asia (OCA). “Ya, pasalnya ada tiga negara lain yang mengajukan diri kepada OCA, untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2019 yaitu India, Malaysia, dan Singapura. Khusus Malaysia dan Singapura, keduanya mengajukan proposal sebagai tuan rumah bersama,” jelas Irene.

Lebih lanjut diungkapkannya,  OCA juga sudah melakukan kunjungan ketiga negara tersebut. Untuk Indonesia sendiri, OCA sudah melakukan kunjungan kebeberapa kota seperti Jakarta, Palembang, Bandung dan Bekasi pada Mei yang lalu.

“Hasil kunjungan OCA ke beberapa kota yang ada di Indonesia, Indonesia dinilai kekurangan untuk perkampungan atlet. Dari empat kota yang dikunjungi, hanya Palembang yang punya kawasan hunian untuk atlet. Sedang di Jakarta, Bandung, dan Bekasi tak ada kampung atlet layak yang tersedia,” ungkap Irene.

Irene menambahkan, meskipun belum ditentukan apakah Indonesia menjadi tuan rumah untuk pergelaran Asian Games pada 2019 oleh OCA, namun pemerintah pusat melalui KOI sudah mengajukan permohonan revisi tahun penyelenggaran yang semula dari tahun 2019 diubah menjadi 2018, karena pada 2019 di Indonesia adalah masa pemilu. “Kita juga akan melakukan kunjungan untuk studi banding ke Kuwait bersama KOI, untuk mempersiapkan dan mencari referensi penyelenggaraan Asian Games nanti,” jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin mengatakan bahwa pihaknya optimis kalau Provinsi Sumsel akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan event berskala internasional yaitu ASIAN Games ke 18.

“Dari Indonesia terdapat tiga provinsi yang mengajukan diri, untuk menjadi tuan rumah Asian Games yaitu DKI Jakarta, Surabaya dan Sumsel. Dari ketiga provinsi ini, saya optimis Sumsel akan keluar sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games,” ungkap Alex.

“Kalau dilihat, kitalah yang paling siap. Apalagi kita juga sudah atau sering beberapa kali menjadi tuan rumah atau menggelar event berskala internasional seperti ini. Selain itu kita juga memiliki fasilitas yang lebih unggul, karena memiliki venue-venue olahraga yang berada dalam satu kawasan dan juga memiliki wisma atlit sebagai tempat tinggal para atlet yang akan bertanding nanti,”  tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster