Rekapitulasi Mura Diambil Alih KPU

 289 total views,  2 views today

kpu

PALEMBANG – Lima komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, mengambil alih rekapitulasi suara yang dilakukan KPU Musi Rawas (Mura). Rekapitulasi suara Pilpres di Mura, rencananya akan digelar 16-17 Juli mendatang di Gedung Serbaguna Muara Beliti.

Diambilalihnya rekapitulasi suara Pilpres di Mura ini menurut Komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi, Ahmad Naafi, karena status lima Komisioner KPU Mura saat ini masih non aktif, sampai ada keputusan hukum tetap.  “Mereka masih menjalani persidangan baik di DKPP maupun sidang pidana pemilu juga sedang berjalan,” kata Naafi saat dihubungi, Senin (14/7).

Menurut Naafi, KPU Sumsel sudah meminta pertimbangan KPU RI terkait apakah lima komisioner itu bisa diaktifkan kembali atau tidak, terutama untuk melaksanakan tugas di Pilpres.  “Sejauh ini kami belum menerima jawaban dari KPU RI, sehingga sementara waktu tugas KPU Mura masih kami ambil alih,” tuturnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan rekapitulasi Pilpres Mura dilaksanakan di daerah tersebut. “Artinya, KPU Sumsel yang akan datang ke Mura, bukan datanya yang dibawa ke KPU provinsi,” ujarnya.

Rencananya kata Naafi, KPU Sumsel akan bertolak ke Mura pada Selasa (15/7).  Meski status Komisioner KPU Mura masih non aktif kata Naafi, tetapi pelaksanaan Pilpres di sana kondusif, aman dan lancar.  “KPU Sumsel sudah menyiapkan semua yang berkaitan untuk rekapitulasi yang disiapkan sekretariat KPU, untuk dibawa ke Mura,” terangnya.

Ia mnuturkan, scan C1 plano di Mura sudah selesai 100 persen. Setelah rekap Mura dilaksanakan tambah Naafi, DC 1 atau hasil rekap suara di tingkat kabupaten/kota akan dibawa ke KPU Sumsel.

Sementara semua PPK di Sumsel sudah melakukan rekap surat suara, saat ini sedang memasuki rekap di tingkat KPU kabupaten/kota.  “Kami optimis rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi akan berjalan lancar. Karena semua permasalahan sudah diselesaikan sesuai tingkatan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Palembang, Abdul Karim Nasution menyebut proses scan C1 di Kota Palembang saat ini sudah hampir 100 persen. Sementara proses input data sebutnya, sudah mencapai 75 persen.  “Kita sudah siap untuk melakukan rekapitulasi suara Pilpres, 16 Juli mendatang. Kami optimis, semua tahapan bisa diselesaikan tepat waktu,” tegasnya.

Ketika disinggung mengenai kotak suara yang terpakai dan mengalami kerusakan, dikatakan Karim, belum terpantau. Namun ua meyakini, kerusakan kotak suara masih dalam hal yang wajar, seperti jebol atau kerusakan baut yang longgar.

“Kalau jebol paling dilakban saja, banyak bautnya longgar. Kedepan tetap terpakai, dengan membeli baut dan dipasang kembali guna dipakai lagi pada pemilihan berikutnya,” tukasnya.

Sebagai informasi, jadwal rekapitulasi proses perhitungan suara Pilpres saat ini setelah pada tahapan perhitungan di KPU kabupaten/kota yang akan digelar pada 16-17 Juli mendatang. Setelah itu, dilanjutkan rekapitulasi ditingkat provinsi pada 19-20 Juli, terakahir rekapitulasi dilakuan KPU RI pada 20-22 Juli mendatang.

 

TEKS              : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

v





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster