Penggalangan Dana Harus Izin Dinsos

 316 total views,  2 views today

Ilustrasi Beberapa Mahasiswa Sedang Melakukan Penggalangan Dana untuk Bantuan Sosial | Dok KS

Ilustrasi Beberapa Mahasiswa Sedang Melakukan Penggalangan Dana untuk Bantuan Sosial | Dok KS

PALEMBANG – Penggalangan dana selama bulan suci Ramadhan yang sering dilakukan oleh organisasi atau kelompok masyarakat di lampu merah di metropolis , dinilai hanya dijadikan untuk kepentingan pribadi saja.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Palembang, Faizal AR, Senin (14/7). Faizal mengatakan, untuk mengatisipasi penyalahgunaan dana itu. Pihaknya akan menegur peminta-peminta yang kadang berkedok penggalangan dana tersebut.

Katanya, sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 12 tahun 2013 tentang Pembinaan Anak Jalanan dan Pengemis, penggalangan dana yang sering dilakukan sekelompok orang harus memiliki izin dari Dinsos Palembang. “Sering kita lihat sekarang banyak mahasiswa, anak sekolah, dan anak-anak muda yang sering meminta-minta dengan alasan penggalangan dana,” ujarnya.

Menurut Faizal,  Dinsos tidak melarang kelompok, organisasi maupun mahasiswa untuk meminta-minta. Tapi katanya, harus sesuai prosedur yang sudah ditetapkan. “Prosedur yang harus diikuti sesuai perda tersebut, yakni izin ke wali kota melalui dinsos,” sebutnya.

Sambung Faizal, untuk meminimalisir aksi minta-minta di jalanan,  dinsos akan memasang CCTV di 16 titik yang sering dijadikan tempat beraksi, seperti Simpang Jakabaring, Bundaran Air Mancur (BAM), sekitar Masjid Agung, Bawah Proyek Ampera, Simpang 5 DPRD Sumsel, Simpang Charitas, Simpang Polda, dan Cinde.

“CCTV itu dipasang di tempat strategis, tempat yang  menjadi titik para peminta yang berkedok penggalang dana, pemasangan CCTV itu juga, agar bisa mengawasi para gepeng, gelandangan yang sering meminta-minta,” bebernya.

Faizal menyebutkan, dengan adanya pantauan CCTV itu, pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan operasi razia terhadap aktifitas para peminta yang tertangkap CCTV.   “Mereka akan kami tangkap, kemudian kami lakukan pembinaan.  Jika izin pasti kita buatkan posko untuk mereka, nanti mahasiswa yang jalankanya dibawah Dinsos Palembang,” ujarnya.

Selain CCTV, Faizal menambahkan, pihaknya juga menyediakan dua mobil dan enam motor untuk patroli.  Sebutnya, saat ini kendaraan operasional itu sedang dibuat merk berlambang Dinsos. “Besok (hari ini) sudah mulai opersional,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster