Bentuk Karakter Siswa Lewat Pesantren

 298 total views,  4 views today

Ilustrasi.

Ilustrasi.

PALEMBANG – Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan dan juga merupakan menyiarkan agama Islam  Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang yang akan menggelar pesantren Ramadhan.

“Tepatnya 17 Juli mendatang acara ini akan digelar atau pertengahan Ramadhan setelah siswa masuk sekolah, kegiatan ini akan dipusatkan Masjid Takwa. Pihaknya sudah melayangkan surat edaran, sehingga dihimbau kepada seluruh sekolah di kota Palembang untuk mengikuti kegiatan positif tersebut,” ujar kepala Dinas Dikpora kota Palembang, Ahmad Zulinto, Senin (14/7) kemarin.

Kata Ahmad Zulianto, kegiatan ini diikuti 20 ribu siswa perwakilan dari setiap sekolah dengan harapan melalui pesantren Ramadhan dapat meningkatkan Iman dan taqwa (Imtaq). selain melakukan dzikir bersama akan diadakan khatam akbar dan kegiatan akan berorientasi pada pembinaan akhlak.

Selain itu, setiap sekolah juga diwajibkan untuk melaksanakan pesantren Ramadhan dan diberikan waktu selama satu minggu.

“Memang kegiatan bulan ramadhan harus diisi dengan kegiatan keagamaan, apalagi sudah ada jam ke nol seharusnya buah dari implementasi dari pada pelajaran tersebut,” jelasnya.

Zulinto juga mengimbau kepada kepala sekolah untuk melaksanakan kegiatan yang menunjang pendidikan karakter siswa dan mengenalkan bagaimana pembinaan mental selama menjalankan ibadah puasa tidak terkecuali.

“Jadi kebijakan ini berlaku untuk sekolah yang tersebar di Kota Palembang,” paparnya.

Sementara itu ditempat Terpisah, Ahmad Zainuri, Kepala Sekolah MAN 3 Palembang menambahkan, pihaknya juga menggelar pesantren kilat. Setiap kelas juga digelar, selain yang melaksanakan siswa dari organiasi Rohis juga pihaknya menekankan kepada siswa untuk memperbanyak mengikuti kegiatan keagamaan.

“Kegiatan pesantren kilat kan tidak hanya mengaji, nanti ada pentas seni nasyid dan masih banyak lagi kegiatan yang dapat menunjang pendidikan akhlak,” katanya.

Dirinya mengaharapkan dengan kegiatan ini Sebagai salah satu untuk memuliakan, mengisi bulan suci Ramadhan dengan materi yang lebih fokus keislaman yang relevan dengan Ramadhan.

Sehingga selama sebulan penuh rahmat ini , dapat menjadi wadah pembiasaan dan ajang berlomba untuk semakin meningkatkan amalan.

“Agar ketika selesai pesantren, siswa dapat membiasakan diri melakukan amalan seperti saat Ramadhan, dan tentu akan menjadi pribadi yang lebih baik, lebih bertaqwa sebagaimana tujuan akhir dari bulan Ramadhan,” ungkapnya.
TEKS   : AMINUDDIN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster