Pimpinan DPRD Empat Lawang Dipilih Melalui Voting

 252 total views,  2 views today

DPRD

EMPAT LAWANG –  Pimpinan DPRD Kabupaten Empat Lawang periode 2014-2019, bakal dipilih melalui voting, bukan berdasarkan partai politik (parpol) yang  mendapatkan suara terbanyak. Hal ini, menyusul disahkannya Undang-Undang (UU) tentang MPR,DPR,DPD, dan DPRD (MD3), belum lama ini.

‪Menurut Sekretaris DPRD Empat Lawang, Mulyadi Marik, pihaknya sudah mendapatkan informasi pengesahan UU tentang MD3 oleh DPR RI. Secara umum jelasnya, Setwan DPRD Kabupaten Empat Lawang akan patuh dengan amanah UU.

Isinya sebut Mulyadi, diantaranya ada mengatur pemilihan pimpinan dan kelengkapan dewan lainnya.  “Ya memang benar, dalam pasal 82 sebelumnya mengatur pemilihan pimpinan DPRD diberikan secara proporsional kepada partai pemenang pemilu legislatif. Nah, dengan aturan baru ini, jabatan ketua DPRD periode 2014-2019 dipilih melalui voting,” jelas Mulyadi,  Jumat (11/7).

‪Namun demikian, pihaknya masih menunggu lembaran negara lainnya yang mendukung pengaturan tata cara pemilihan dimaksud. Misalnya petunjuk teknis (juknis) serta peraturan pemerintah menyertainya.  “Kita tunggu dulu Juknisnya, kalau sudah siap kita terapkan nanti ke dewan baru,” katanya seraya menambahkan, untuk DPRD Empat Lawang periode 2014-2019, ada 35 kursi.

‪Sementara itu Ketua DPRD Empat Lawang, H David Hadrianto Aljufri menyambut baik dan mendukung adanya perubahan tata cara pemilihan pimpinan dewan. Namun politisi Partai Golkar ini, memastikan unsur pimpinan berhak dipilih tetap partai pemenang pada Pemilu Legislatif (Pileg). “Nanti yang memilih semua anggota, namun berhak dipilih tetap dari partai pemenang pemilu,” akunya.

‪Selanjutnya David menjelaskan, selain perubahan tata cara pemilihan unsur pimpinan dewan, Undang Undang MD3 ini juga sedikit menghilangkan fungsi dewan terutama dalam penganggaran. Nah, dengan demikian badan anggaran selama ini dibentuk DPRD kedepan akan hilang. “Banggar saja nanti tidak ada, ini perubahan kerja signifikan,” tukasnya.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster