Masyarakat Diminta Tunggu Putusan KPU

 235 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

BANYUASIN – Klaim kemenangan yang disampaikan masing-masing pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres), membuat masyarakat bingung siapa pemenang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres), 9 Juli lalu.

Kondisi ini diperparah dengan hasil quick count (hitung cepat), yang dilakukan sejumlah lembaga survei yang berbeda. Namun menurut Kepala Bidang (Kabid) Politik, Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin, Arpa’i, masyarakat sebaiknya menahan diri dan menunggu hasil perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Juli mendatang.

Menurutnya, hasil quick count yang di relese sejumlah media massa baik televisi, cetak maupun radio tersebut tidak bisa dijadikan rujukan. Keputusan resminya terang Arpa’i, ada ditangan KPU. Rekapitulasi yang dilakukan KPU tegasnya, baru akan dilakukan 22 Juli nanti.

“Karenanya masyarakat tidak perlu bingung, tunggu saja hasil rekapitulasi KPU. Rekapitulasi yang dilakukan KPU tersebut, ada tahapannya. Sehingga kalau sekarang, ada dari pasangan capres-cawapres yang sudah mendeklarasikan kemenangannya, itu namanya presiden lembaga survei,” ucapnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan tahapan pelaksanaan Pilpres 2014,  rekapitulasi suara dimulai dari Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kemudian dilanjutkan di Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada 10 Juli lalu.

Kemudian rekapitulasi dilanjutkan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), mulai 13-14 Juli. “Pada 16-17 Juli, rekapitulasi akan dilakukan KPU Kabupaten Banyuasin. Hasilnya akan dibawa dalam rekapitulasi yang digelar KPU Sumsel. Barulah kemudian KPU RI melakukan rekapitulasi secara nasional pada 21-22  Juli mendatang,” tukasnya.

 

TEKS              : DIDING KARNADI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster