Hutan di Lahat Terancam Rusak

 291 total views,  2 views today

 

LAHAT – Kerusakan kawasan hutan di wilayah Kabupaten Lahat terancam makin meluas, apalagi jumlah penyuluh kehutanan  sangat minim dan tidak sebanding dengan wilayah hutan yang cukup luas. Sedangkan penggunaan hutan terus terjadi, dan dikhawatirkan pemahaman tentang pentingnya kelestarian hutan akan semakin pudar.

Kepala Badan Penyuluh Pertanian Perikanan Peternakan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Lahat, Ir. H. Hapit Padli membenarkan, hingga saat ini baru ada lima orang tenaga penyuluh kehutanan, dan tentu saja jumlah itu sangatlah tidak ideal mengingat luasnya hutan di Lahat.

Dia mengemukakan, kebutuhan personil penyuluh kehutanan mendesak untuk dipenuhi sebab jika dibiarkan maka akan kurangnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya kelestarian hutan.

Menyikapi kekurangan tenaga itu, dikemukakan Hapit, pihaknya terpaksa memberdayakan penyuluh pertanian untuk juga dapat merangkap menjadi penyuluh kehutanan. Diakuinya, masih minimnya jumlah penyuluh kehutanan telah dilaporkan pada pimpinan, namun memang belum dapat memenuhi kebutuhan.

Apalagi soal tenaga penyuluh kehutanan ini bukan menjadi masalah di Kabupaten Lahat saja, tetapi juga dialami daerah lain hampir di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia.

Minimnya tenaga penyuluh ini dikhawatirkan berimbas pada minimnya perhatian terhadap hutan terutama hutan lindung. Apalagi banyaknya aktivitas perambah hutan yang dilakukan perusahaan, serta masyarakat yang membangun tempat tinggal sementara di dalam hutan tersebut menjadi faktor penyebab kian terbukanya hutan.

Ia menjelaskan, batas batas hutan yang berbenturan dengan pemukiman desa membuat keberlangsungan hutan terancam. Terlebih lagi, masyarakat Lahat yang sebagian besar menggantungkan nasibnya sebagai petani dan berkebun.

“Mereka membuat semacam dangau (gubuk sementara) yang dijadikan tempat istirahat bahkan tinggal saat berkebun. Belum lagi, tindakan pembalakan liar serta pengrusakan yang terjadi akibat kondisi alam yang berubah ubah,” kata Hapit.

 

TEKS   : JUMRAZ ZEFRI

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster