Harnojoyo Ambil Alih Pemkot Palembang

 251 total views,  2 views today

Wakil Walikota Palembang. Harnojoyo, saat memimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda

Wakil Walikota Palembang. Harnojoyo, | Dok KS

PALEMBANG – Paska ditahannya Wali Kota Palembang, Romi Herton oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (10/7), secara otomatis yang memimpin Kota Palembang adalah Wakil Wali Kota Palembang Harnojoyo.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin saat melakukan kunjungan dan pengarahan bagi pegawai di Sekretariat Daerah (Setda) Palembang,  Jumat (11/7).

“Secara struktural, Romi masih menjabat sebagai Wali Kota Palembang. Tapi, untuk menjalankan tugas-tugas di pemerintahan, otomatis akan dijalankan oleh wakilnya, Harnojoyo. Saya harap penahanan Romi ini, roda pemerintahan harus tetap berjalan,” kata Alex.

Alex menyebutkan, Harnojoyo sebagai Wakil Wali Kota Palembang, harus siap menjalankan roda pemerintahan di Pemkot Palembang selama Romi ditahan oleh KPK. Ditanya mengenai hal-hal yang memerlukan tandatangan Romi, Alex menjawab, masih bisa diwakilkan apabila tidak bisa. Maka, katanya akan dicarikan jalan keluarnya.

“Yah, selama Romi tidak aktif menjalankan tugasnya karena tersandung masalah di KPK, yang menggantikannya adalah wakilnya, menegenai teknis yang membutuhkan tandatangan nanti akan dibicarakan lagi,”sebutnya.

Alex menghimbau kepada semua jajaran Pemkot Palembang, agar tetap menjaga kondisi roda pemerintahan agar tetap kondusif,  jangan ada isu-isu yang dapat merusak tatanan roda pemerintahan yang berjalan.

Karena katanya, walaupun Romi ditetapkan sebagai tersangka, belum tentu bersalah. Apabila terbukti tidak bersalah maka, statusnya akan dipulihkan kembali. “Staf di jajaran pemerintahan jangan berpikir dulu yang aneh-aneh. Selama status  Romi Herton baru tersangka, Wali Kota Palembang tetap Romi. Jangan ada perpecahan di lingkungan Pemkot Palembang,” pesannya.

Berduka

Sementara itu Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo,  enggan berkomentar terkait penahanan Wali Kota Palembang, Romi Herton dan istri, Masyito oleh KPK. Harnojoyo mengaku, Pemkot Palembang saat ini sedang berduka sekaligus merasa prihatin terkait penahanan Romi Herton oleh KPK.

Sebab itu, Harnojoyo meminta kepada media dan masyarakat dapat memaklumi.  “Saya tidak bisa ngomong. Pemkot dan saya sedang dapat musibah. Tolong dimaklumi,” ungkapnya saat dibincangi usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin di Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, kemarin.

Ditanya  terkait adanya peluang dirinya menjadi Wali Kota Palembang, Harnojoyo menjawab, segala sesuatunya disesuaikan dengan aturan dan mekanisme yang berlaku. “Kita ikuti aturan saja. Jangan berandai-andai. Kita sedang berduka,” tegasnya.

Harnojoyo memastikan, pemerintahan akan tetap berjalan seperti biasanya. Menurutnya pelayanan terhadap masyarakat tidak akan terganggu. “Semua jalan terus,” ujarnya singkat.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster