Wali Kota Palembang dan Istri Ditahan KPK

 554 total views,  2 views today

Ditahan KPK - Wali Kota Palembang Romi Herton dan istrinya Masyitoh akhirnya ditahan KPK terkait kasus suap sengketa Pilkada. Mengenai posisinya sebagai orang nomor satu di Palembang, Romi menyerahkan kepada aturan yang berlaku. | Foto ; Bagus Kurniawan/

Wali Kota Palembang Romi Herton dan istrinya Masyitoh akhirnya ditahan KPK terkait kasus suap sengketa Pilkada.  | Foto ; Bagus Kurniawan

JAKARTA – Wali Kota Palembang Romi Herton dan istrinya Masyitoh ditahan KPK terkait kasus suap sengketa Pilkada. Mengenai posisinya sebagai orang nomor satu di Palembang, Romi menyerahkan kepada aturan yang berlaku.
“Saya kira ada aturannya, kita ikuti aturan yang berlaku,” ujar Romi sesaat sebelum memasuki mobil tahanan yang membawanya ke rutan Guntur, Kamis (10/7/2014) kemarin.

Selain Romi, Masyitoh juga ditahan, namun sang istri ‘dikurung’ di rutan yang ada di KPK. Keduanya memang menjadi tersangka dalam kasus yang sama.

‎Romi dan Masyitoh ditetapkan sebagai tersangka pemberi uang suap kepada Akil. Tak tanggung-tanggung, keduanya disangka memberikan uang Rp 19,8 miliar kepada Akil terkait sengketa Pilwalkot Palembang.

Dan sangkaan penyidik KPK tersebut sudah dinyatakan terbukti, oleh majelis hakim yang mengadili Akil Mochtar. Dalam amar vonis ini, Akil dihukum seumur hidup.

KPK membuat catatan menarik. Lembaga antikorupsi ini untuk pertama kalinya menahan tersangka yang merupakan suami dan istri dalam waktu bersamaan.

Pasangan pasutri itu adalah Wali Kota Palembang Romi Herton dan Masitoh. Keduanya ditahan pada sore ini, setelah menjalani pemeriksaan pertama sebagai tersangka untuk pertama kalinya.

“Saya ikuti proses hukum,” ujar Romi yang mengenakan rompi KPK warna oranye, sesaat sebelum memasuki mobil tahanan, Kamis (10/7/014).

Romi dan Masitoh merupakan tersangka pemberi suap Rp 19,8 miliar kepada eks Ketua MK Akil Mochtar. Keduanya juga dijerat dengan pasal pemberian kesaksian palsu.

Namun Romi dan Masitoh bukan merupakan pasutri pertama yang sama-sama dijerat sebagai tersangka oleh KPK. Adalah Nazaruddin dan Neneng Sri Wahyuni yang menjadi pasangan perdana berstatus tersangka.

Akan tetapi Nazar dan Neneng ditahan tidak dalam waktu bersamaan. Nazar yang tertangkap di Kolombia, lantas dibawa pulang pada Agustus 2010. Baru sekitar setahun kemudian, Neneng yang melarikan diri ke Malaysia ditangkap ketika diam-diam pulang ke rumahnya di Pejaten, Jaksel.

Kabag Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, Ratu Dewa menjamin roda Pemerintahan di Pemkot Palembang tetap akan berjalan normal terkait ditahannya Wali Kota Palembang, Romi Herton oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (10/7/2014).

“Yah memang benar Bapak (Romi Herton) dan Ibu (Masyito) ditahan KPK. Tapi, saya pastikan roda pemerintahan tetap berjalan normal seperti biasanya, tidak akan terganggu,”tegasnya, Kamis (10/7) kemarin.

Menurut Dewa, orang nomor satu di Kota Palembang itu, akan menjalani proses hukum sesuai aturan. Menurutnya, walaupun Romi di tahan, masih ada wakilnya yang akan menjalankan roda pemerintahan.

“Sudah dari awal di katakan. Bapak (Romi Heton) akan ikuti prosedur hukum yang ada. Kita serahkan semua kepada proses hukum yang ada,”katanya.

Dewa menambahkan, Romi Herton berangkat ke Jakarta untuk memenuhi panggilan KPK, menggunakan pesawat keberangkatan pertama.  Sebutnya, Romi dan Masyito menjalani pemeriksaan mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

Sementara itu, Juru Bicara KPK, Johan Budi mengatakan, penahanan Romi Herton dan istrinya, Masyito tersebut, untuk lebih memudahkan proses pemeriksaan yang sedang didalami KPK terkait penyuapan terpidana Akil Muchtar.

“KPK menahan mereka berdua. RH di Guntur, sementara M ditahan di rutan KPK,”ungkapnya, saat dihubungi, Kamis (10/7) malam.
Ditanya apakah ada tersangka baru terkait penahanan RH, Johan menjawab, semua kemungkinan bisa terjadi.  “Semuanya bisa saja terjadi. Kita lihat saja selanjutnya,”tukasnya.

TEKS        : ALAM TRIE PUTRA
EDITOR     : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster