Pemberian THR Paling Lambat Dibayarkan H-7

 253 total views,  2 views today

Ilustrasi THR

Ilustrasi THR

PALEMBANG – Meski waktu hari raya Idul Fitri masih tiga pekan kedepan namun Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang, sudah menyiapkan surat edaran untuk diberikan pada seluruh perusahaan yang ada di Palembang, agar segera memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya.

Apalagi THR tersebut menurut Kepala Disnaker Kota Palembang, Gunawan, sangat diharapkan. “Ada sekitar 3.000 perusahaan yang kami surati,  kami menghimbau mereka untuk segera membayarkan THR untuk karyawannya minimal satu bulan gaji,” kata Gunawan, Kamis (10/7).

Menurut Gunawan, kewajiban perusahaan memberikan THR pada karyawannya sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 4/MEN/1994 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan. Kewajiban ini, untuk untuk seluruh bentuk perusahaan, baik swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), serta perseorangan.

Ia juga mengimbau untuk perusahaan paling lambat memberikan THR, pada karyawan satu pekan atau H-7 menjelang lebaran. Adapun, THR diberikan pada karyawan yang sudah bekerja minimal satu tahun atau lebih.

“Untuk karyawan yang masa kerjanya belum satu tahun lebih, perusahaan hanya diwajibkan membayarkan tunjangan secara proporsional. Misalnya, berlaku bagi pegawai kontrak, borongan, atau pekerja harian,” ungkap Gunawan.

Dicontohkannya, karyawan tersebut baru enam bulan bekerja, artinya ia akan mendapatkan enam bulan dibagi 12 bulan dikalikan satu bulan gaji. Disnaker sebutnya, akan melakukan inspeksi dadakan (sidak) ke sejumlah perusahaan, untuk memastikan kewajiban pemberian THR tersebut sudah dilaksanakan.

Pasalnya, THR ini merupakan hak karyawan yang diberikan dengan maksud untuk meringankan sedikit kebutuhan masyarakat yang akan menghadapi lebaran. “Tentu ada sanksi bagi perusahaan yang tidak membayarkan THR, bagi karyawannya. Kan kasihan, jika mereka tidak mendapatkan haknya,” ucapnya.

Idealnya terang Gunawan, THR memang sudah dibayarkan sekarang dan paling lambat tujuh hari menjelang lebaran. “Sehingga mereka memiliki waktu, untuk mempersiapkan diri menjelang perayaan Idul Fitri,” tukasnya.

 

TEKS              : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster