Jangan Ada Perpeloncoan Saat MOS

 219 total views,  2 views today

 

MUARAENIM – Pertengahan Juli ini, seluruh sekolah di Kabupaten Muaraenim termasuk sekolah di Kecamatan Lawang Kidul, dijadwalkan sudah masuk sekolah tepatnya 14 Juli 2014 nanti, salah satunya kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing sekolah adalah Masa Orientasi Sekolah (MOS).

Kepala UPTD Disdikbud Lawang Kidul,  Heri Candra mengatakan untuk kegiatan MOS di sekolah dilarang melakukan perpeloncoan. Hal ini kata dia, dimaksudkan untuk mencegah adanya kegiatan atau tindakan yang dapat merugikan siswa dan bisa mencoreng dunia pendidikan.

Apalagi terang dia, jadwal MOS kali ini bertepatan dengan bulan Ramadan. Karenanya ia menghimbau kepada seluruh sekolah, untuk lebih banyak menyelenggarakan kegiatan non fisik.

“Kegiatan MOS itu sifatnya, hanya untuk pengenalan lingkungan sekolah. Jadi kita larang sekolah melakukan kegiatan fisik atau perpeloncoan. Itu sudah ketetapan dari dinas,” jelas Heri, Kamis (10/7).

Heri menambahkan, kegiatan belajar selama bulan Ramadan seperti tahun-tahun sebelumnya. Soal waktu pelajaran di kelas, diserahkan kepada kebijakan sekolah bersangkutan. Akan tetapi, biasanya waktunya dikurangi beberapa menit di setiap pelajaran.

Jam kerja pegawai pun terangnya, juga mendapatkan diskon beberapa menit. “Nanti ada pesantren kilat selama tiga hari, selanjutnya kegiatan belajar kurang lebih seminggu diteruskan libur lebaran. Jam pelajaran biasanya berkurang beberapa menit saja,” imbuhnya.

Dalam kesempatan sama ini, Heri melanjutkan, mulai ajaran baru tahun 2014 ini seluruh sekolah sudah melaksanakan kurikulum 2013. Ia mengaku, seluruh persiapan sudah dilakukan, mulai dari bimtek para kepala sekolah dan sosialisasi kurikulum baru tersebut kepada masyarakat. “Kita sudah terapkan kurikulum baru, untuk SMA kelas 10 dan 11. SMP kelas 7 dan 8, serta SD, untuk kelas 1,2,4,5,” tukasnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster