Dihimbau Tidak Terprovokasi, Masyarakat Diminta Tunggu Putusan KPU

 223 total views,  2 views today

Ilustrasi Tinta | Dok KS

Ilustrasi Tinta | Ist

BATURAJA – Klaim kemenangan yang disampaikan oleh masing-masing pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres), terhadap hasil Pemilihan (Pilpres) 2014, membuat bingung masyarakat.

Kondisi ini diperparah, dengan hasil quick count (hitung cepat) yang berbeda antara beberapa lembaga survei. Namun menurut Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel, Irjen Pol Saud Usman Nasution,  masyarakat sebaiknya menunggu hasil putusan Komisi Pemilihan Umum  (KPU).

“Percayakan kepada KPU, sebagai penyelenggara. Mereka akan melakukan rekap secara berjenjang, dan finalnya pada 22 Juli mendatang,” kata Saud yang dibincangi disela-sela meninjau pelaksanaan rekapitulasi suara Pilpres di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten OKU, Kamis (10/7).

Saud menyebut, sah-sah saja adanya quick count. Namun putusan finalnya tegas jenderal bintang dua ini, tetap ada pada KPU. Karenanya ia menghimbau masyarakat OKU dan Sumsel, untuk tidak mudah terpancing dengan berbagai provokasi,  yang justru akan membuat suasana memanas dan terjadi pelanggaran hukum.

Kepolisian tegas Saud bersama TNI, akan memastikan pelaksanaan rekapitulasi tersebut berjalan dengan lancar tanpa ada intimidasi dari pihak manapun. “Kami bersama TNI, akan mengamankan proses rekapitulasi sampai ke tingkat KPU. Sampai saat ini, keamanan di Sumsel kondusif. Tidak ada laporan pelanggaran yang mengarah ke pidana masuk ke kita baik dari masyarakat maupun dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu),” terangnya.

Saud juga meminta jangan ada pihak manapun yang mencoba untuk melakukan intimidasi, dan melakukan perbuatan curang. Kepolisian sebutnya, akan menjamin hal itu tidak akan terjadi.

“Tim pemenangan masing-masing pasangan calon, harus memberikan informasi yang sejuk kepada masyarakat agar suasana pesta demokrasi ini berjalan dengan aman dan kondusif,” himbaunya.

Pantauan Kabar Sumatera, Saud memantau proses rekapitulasi suara Pilpres di PPS Baturaja Lama didampingi Kepala Kepolisian Resort (Polres) OKU AKBP Mulyadi dan Pejabat Bupati OKU, H Kuryana Aziz dan unsur muspida.

 

TEKS              : MUSLIM

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster