CJH Belum Vaksin Miningitis

 355 total views,  2 views today

Ilustrasi Vaksin | Ist

Ilustrasi Vaksin | Ist

PALEMBANG – Hingga Kamis (10/7), Calon Jemaah Haji (CJH) asal Palembang belum juga mendapatkan vaksin meningitis. Padahal, mereka akan berangkat pada awal September mendatang. Padahal menurut Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, Afrimelda mengatakan, vaksin meningitis sudah diberikan pada pemeriksaan kesehatan tahap kedua.

“Kami belum mengetahui apa yang menjadi penyebab, belum datangnya vaksin meningitis. Padahal itu salah satu syarat yang wajib dilakukan bagi JCH. Saat ini kami masih tunggu dari Pusat,” kata Afrimelda, Kamis  (10/7).

Afrimelda mengaku, JCH  kloter pertama, direncanakan akan berangkat pada 1 September dan 31 Agustus harus sudah masuk ke Asrama haji sepuluh hari sebelumnya. “Jadi JCH harus sudah mendapatkan vaksin meningitis, tapi sampai sekarang belum datang vaksin meningitis itu,” terangnya.

Afrimelda mengaku, pihaknya akan menunggu hingga tanggal 4 Agustus mendatang. Apabila vaksin belum didapatkan, pihaknya akan tetap melakukan pemeriksaan kesehatan pada JCH.  “Selain mendapatkan vaksinasi, CJH juga akan mendapatkan pemeriksaan seputar kesehatannya,” ujarnya.

“Mereka harus memeriksakan kesehatannya,  jika melakukan pemeriksaan mereka akan diawasi, sebelum mereka berangkat dilakukan pembinaan tentang penyakitnya, dan disana juga diawasi. Ada empat kriteria dari hasil pemeriksaan kesehtan tersebut yakni sehat, Pengawasan, observasi, dan tunda,” bebernya.

Afrimelda menyebutkan, tahun lalu, CJH paling banyak menderita hipertensi dengan persentase 23,48 persen, dan rata-rata setiap tahunnya mendominasi, dan biasanya diidap oleh usia para lansia.

“CJH resiko tinggi (risti) tiap tahunnya, maka dari itu wajib periksa kesehatan. CJH risti biasanya berciri-ciri mempunyai penyakit kronis dan lansia. Tahun 2010, 58,2 persen, 2011 sebanyak 47,1 persen, 2012 ada 70,7 persen, dan 2013 sebanyak 74,2 persen,” urainya.

Afrimelda menambahkan, selain diwajibkan untuk vaksinasi meningitis,  CJH dianjurkan untuk suntik vaksinasi  influenza dan pneuko 23. “Vaksinasi untuk CJH dapat dilakukan di lima Puskesmas, yakni Puskesmas Merdeka, Dempo, Pembina, Sekip dan Sematang Borang, baik jemaah reguler maupun plus. Selain itu untuk jemaah umroh vaksinasi meningitis dapat dilakukan di 5 puskesmas itu juga, namun dua vaksin yang dianjurkan (influenza dan pneuko 23) hanya ada di Merdeka dan Dempo,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster