Wi-Fi Gratis Tak Berfungsi Lagi

 61 total views,  3 views today

wifi

Foto : Google Image

PAGARALAM KS – Jaringan wireless fidelity (wi-fi) dan hotspot untuk mengakses internet secara gratis disejumlah titik yang ada di Bumi Besemah, sejauh ini sudah tidak berfungsi lagi hingga membuat warga yang terbiasa menggunakannya merasa kecewa. Selama ini keberadaan jaringan tersebut dinilai begitu membantu mereka dalam mengakses internet untuk berbagai keperluan.

Andi (17), salah satu pelajar Sekolah Menangah Atas di Pagaralam ini mengaku biasa menikmati koneksi internet gratis itu di seputaran Alun-alun Utara Kota Pagaralam.

“Memang cukup lumayan, mengerjakan tugas sekolah sembari cuci mata. Namun sayang, hampir  satu pekan lebih keberadaan jaringan wifi sudah tidak berfungsi lagi,” ujarnya, kemarin (9/7).

Senada dikemukakan Rian, salah satu mahasiswa perguruan tinggi yang ada di Bumi Besemah ini mengaku kecewa dengan tidak bisa lagi menikmati jaringan wifi secara gratis.

“Biasanya kalau ke Alun-Alun Utara, selain berjalan-jalan santai termasuk pula memanfaatkan wifi gratis,” katanya seraya berujar fasilitas yang disediakan pemerintah tersebut tampaknya bisa dinikmati pengunjung untuk sementara waktu saja.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika setempat, Paber Napitupulu SSTP melalui Kabid Kominfo, B. Bangun SE mengakui sudah tidak berfungsinya koneksi internet gratis di beberapa lokasi strategis di Pagaralam itu.

Ia mengatakan, program wi-fi dan hotspot gratis tersebut adalah proyek pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang bekerja sama dengan provider penyedia layanan telepon milik pemerintah (telkom).

“Fasilitas itu milik Provinsi dan kemungkinan kontrak kerjanya sudah habis. Sejauh ini kita belum memperoleh kepastiannya dan akan ditanyakan langsung ke Provinsi,” kata Bangun.

Peralatan wi-fi milik Pemprov tersebut lanjutnya,  masih terpasang di tempatnya. Namun sangat disayangkan jika fasilitas tersebut tidak  dimanfaatkan lagi.

“Kami akan meminta penjelasan dari pihak Provinsi, apakah bisa peralatan tersebut kita pakai dan selanjutnya bila memungkinkan akan dikelola sendiri oleh Pagaralam,” katanya lagi.

Diketahui, seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi khususnya perkembangan internet, sejauh ini menjadi perhatian penuh Pemerintah Kota Pagaralam. Dan Pemkot Pagaralam menargetkan agar setiap kecamatan paling tidak punya satu lokasi hotspot atau jaringan wireless fidelity (wifi) gratis.

Dijelaskan Bangun, saat ini jaringan wifi sudah terpasang di beberapa lokasi strategis seperti Alun-alun utara, Alun-Alun Selatan, kompleks Perkantoran Gunung Gare, Pondok Pesantren Al Alzhar dan seputaran kantor Dishunkomnfo.

“Keberadaan jaringan wifi disejumlah lokasi strategis seperti di alun-alun utara tersebut selama ini benar-benar dimanfaatkan masyarakat. Mereka mengakses internet baik sekadar membuka jejaring sosial media, browsing, chatting atau bahkan mengerjakan tugas. Media yang dipakai pun beragam mulai dari handphone, Ipad, laptop dan lainnya,” jelasnya.

 TEKS:ANTONI STEFEN

EDITOR:RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster