Wajib Miliki IPAL Komunal

 287 total views,  2 views today

IPAL

PALEMBANG, KS – Untuk mengatasi tata kelola lingkungan perkotaan yang baik, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Tata Kota Palembang membuat terobosan baru, yakni menjadi motor pengerak pertama dalam menerapkan sistem Intalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) komunal.

Kepala Dinas Tata Kota  (DTK) Palembang, Isnaini Madani mengatakan, fungsi IPAL komunal adalah untuk menjaga kualitas air sungai Musi dan anak sungainya agar tetap baik. “Dengan adanya IPAL komunal di setiap rumah, kualitas air sungai maupun anak sungai akan tetap terjaga,”katanya, belum lama ini.

Isaini menyebutkan, IPAL komunal itu memiliki fungsi yang hampir sama dengan septictang. Namun katanya, IPAL komunal hanya diperuntukkan bagi pembuangan rumah tangga seperti, limbah cuci piring, cuci pakaian, dan lainnya yang berpotensi merusak lingkungan. “Jadi IPAL Komunal ini sama fungsinya dengan septic tank, IPAL komunal juga, akan berdampingan dengan septic tank,” terangnya.

Isnaini mengaku, mulai 1 Juli lalu, pihaknua sudah membuat aturan, apabila ada pemohon yang akan mengajukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) baik rumah toko ( ruko), rumah pribadi, hotel, perumahan dan lainnya, diwajibkan harus memiliki IPAL Komunal. “Kami harapkan ini berjalan baik. Jangan sampai ada pembuangan rumah tangga yang berpotensi limbah, langsung dibuang ke selokan,” imbuhnya.

Sambungnya, apabila dalam prakteknya. Penerapan IPAL Komunal benar-benar dilakukan dimasing-masing rumah. Maka sebutnya, Kota Palembang akan menjadi Kota pertama yang menerapkan sistem pembungan air limbah yang mampu dilaksanakan baik.

“Jika kita tidak lakukan pembenahan secepatnya, dalam waktu 10 sampai 20 tahun kedepan, konsumsi air baku Sungai Musi untuk masyarakat Kota Palembang, tidak akan dapat digunakan lagi,” tegasnya.

Ditanya soal bangunan yang telah terlanjur dibangun yang belum menerapkan IPAL komunal, Isnaini menjawab, pihaknya berharap, agar pembuatan IPAL komunal dapat dilakukan, terutama bagi industri hotel, rumah makan, ruko dan lainnya.  “Pembuatan IPAL komunal itu tidak mahal, ini dilakukan demi masa depan anak cucu kita nanti,” ujarnya.

Untuk lebih memperkuat aturan itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Wali Kota Palembang, agar segera dikeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwali). “Dengan adanya Perwali, akan memperkuat kebijakan baru ini,” tukasnya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster