TPS Berada Didalam Rumah Warga

 262 total views,  2 views today

MUARAENIM, KS – Biasanya Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibangun dilapangan terbuka, namun di TPS 3 di Dusun II, Desa Suban Jeriji, Kecamatan Rambang Dangku, dibangun  didalam rumah salah satu warga.

Hal ini tak pelak mengundang protes dari pendukung pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK). “Kita temukan dilapangan, ada salah satu TPS berada didalam rumah warga, tepatnya di TPS 3 di Dusun II Desa Suban Jeriji Kecamatan Rambang Dangku,” kata koordinator pemenangan Jokowi-JK Kecamatan Rambang Dangku, Imam.

Laporan ini kata Imam, secara lisan telah disampaikan ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Muaraenim.  Menurut Imam lokasi TPS semestinya berada di lapangan terbuka dan netral, serta dapat menampung pemilih yang banyak. “Kan aneh, kotak suara dan bilik suaranya di dalam rumah. Padahal, lokasi lain masih ada. Ini kesannya tidak netral,” tegas Imam.

Apalagi jelasnya, rumah tersebut pernah dipasangi atribut salah satu pasangan capres-cawapres. Hal ini lah sebutnya, yang harus ditindaklanjuti oleh Panwaslu Muaraenim. “Jika sampai malam nanti, TPS tidak dipindahkan, maka kami secara resmi akan melaporkan ke Panwaslu Muaraenim,” ungkap Imam

Sementara itu Ketua Panwaslu Muaraenim, Oktaviani Ramdiana mengatakan Panwaslu, telah berkoordinasi dengan Panwascam Rambang Dangku, PPL Desa Suban Jeriji, terkait temuan tersebut. “Kita minta agar TPS di dalam rumah itu, untuk dipindahkan ke tempat terbuka dan mudah dijangkau masyarakat. Sehingga lebih netral,”ungkap Oktaviani.

Dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 19 tahun 2014 pasal 19  terangnya, lokasi TPS dapat dibuat ditempat terbuka dan mudah dijangkau. Mengenai lokasi larangannya, TPS tidak boleh dibuat ditempat ibadah. “Namun, untuk kenetralan,  lokasi TPS tidak boleh di tempat relawan parpol tertentu atau pendukung capres yang sedang berlaga,” tukasnya.

TEKS              : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster