Presiden Quick Count

 367 total views,  2 views today

Foto-gagasan-01-Irvan-Rahardjo

Oleh Ivan Rahardjo

(Penulis adalah Peminat Bidang Sosial dan Politik)

Hanya dalam waktu satu jam sejak Tempat Pemungutan Suara Pilpresditutup jam 13.00 hari ini Rabu 9 Juli 2014 , hasil pemilihan presiden RI periode 2014-2019 yang diikuti oleh dua pasangan Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK serta merta sudah dapat diketahui hasilnya.

Hal ini berkat metode hitung cepat (quick count) terhadap kurang lebih 186 juta pemilih di 66,620 TPS di seluruh Indonesia dan luar negeri dengan mengambil sampling berdasarkan kaidah kaidah ilmiah tertentu . Survei dilakukan oleh banyak lembaga survei yang resmi dan terdaftar di KPU. Tentu saja hasil hitung cepat masih harus menunggu hasil resmi secara manual oleh KPU tanggal 22 Juli 2014 yang akan datang.

Namun dari pengalaman beratus kali Pemilihan Gubernur , Walikota, Bupati dan Anggota Legislatif yang telah berlangsung di berbagai daerah dan tingkat nasional selama setidaknya sepuluh tahun terakhir, hasil antara Quick Count (QC) dan metode manual selisihnya tidak jauh beda, bahkan dalam hitungan nol koma sekian persen.

Hasil pilpres hari ini telah direkam oleh setidaknya sembilan lembaga survei dengan hasil 6 QC menghasilkan angka kemenangan untuk Jokowi-JK, tiga QC menghasilkan kemenangan untuk Prabowo-Hatta. Enam QC untuk kemenangan Jokowi-JK menghasilkan interval 4-7 persen selisih keunggulan Jokowi atas Prabowo. Sedangkan tiga QC untuk kemenangan Prabowo menghasilkan interval 0,58- 4,10 persen selisih keunggulan Prabowo atas Jokowi .

Ada sejumlah catatan dari hasil QC : 6 QC untuk kemenangan Jokowi-JK RRI : Prabowo-Hatta 47,59 persen, Jokowi-JK 52,41 persen ; CSIS : Prabowo-Hatta 48 persen, Jokowi-JK 52 persen ; LSI : Prabowo-Hatta 46, 64 persen, Jokowi-JK 53, 36 persen ; SMRC : Prabowo-Hatta 47,21 persen, Jokowi-JK 52, 79 persen ; KOMPAS : Prabowo-Hatta 47,86 persen Jokowi-JK 52, 14 persen : INDIKATOR Politik : Prabowo-Hatta 47, 56 persen, Jokowi-JK 52, 44 persen (Running Text Metro TV 9/7/pukul 15; 36 ) 3 QC untuk kemenangan Prabowo-Hatta PUSKAPTIS : Prabowo-Hatta 52, 05 persen Jokowi-JK 47, 95 persen ; LSN : Prabowo-Hatta 50, 54 persen Jokowi-JK 49, 46 persen ; JSI : Prabowo-Hatta 50, 29 persen Jokowi-JK 49, 71 persen (running text TV One 9/7 pukul 15;56) serta merta hasil QC yang disaksikan langsung oleh kedua kubu disambut gegap gempita oleh kedua kubu di layar TV masing masing.

Beberapa reaksi spontan antara lain cukur gundul, konvoi kendaraan, bahkan secara resmi kubu Jokowi menyelenggarakan upacara di Tugu Proklamasi Jakarta. Tentu saja luapan kegembiraan yang berlebihan ini mendapat reaksi yang tidak kalah sengitnya di kubu yang lain. Ketegangan sempat memuncak ketika kubu yang lain juga mengancam akan mengerahkan pasukan untuk menandingi karena merasa hasil quick count juga memenangkan kubunya.

Saling klaim kemenangan didasarkan oleh hasil quick count ini tentu sah sah saja Namun menjadi berlebihan bila disertai dengan unjuk kekuatan masing masing kubu. Oleh karenanya sambil menunggu hasil resmi KPU, sebaiknya semua pihak menahan diri sambil tetap fokus pada pengawalan penghitungan hasil pemungutan suara berjenjang yang masih harus diutamakan dan mendapat perhatian seluruh elemen partai pendukung dan relawan masing masing kubu.

Euphoria yang berlebihan disadari sebagai bentuk katarsis untuk melampiaskan tekanan berupa serangan kampanya hitam yang silih berganti selama dua bulan masa kampanye ini. Namun hendaknya tidak dijadikan alasan untuk unjuk kekuatan yang berlebihan, yang hanya akan menimbulkan reaksi yang lebih keras dari kubu yang lain.

Hendaknya kita semua menahan diri sampai hasil resmi KPU diumumkan tanggal 22 Juli yang akan datang. Bila demikian, maka QC bukan sesuatu yang memudahkan kita semua tapi menjadi kutukan dan tidak lebih menjadikan salah satu kubu mendapat julukan “Presiden Quick Count “.**

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster