Revitalisasi Pasar 10 Ulu Segera Terealisasi

 264 total views,  2 views today

ilustrasi Pasar

ilustrasi Pasar

PALEMBANG – Rencana revitalisasi Pasar 10 Ulu, Palembang, nampaknya segera terealiasai. Pasalnya saat ini, sudah memasuki tahapan tender atau lelang proyek. Wali Kota Palembang, Romi Herton mengatakan,  Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menargetkan, akhir Desember 2014 revitalisasi pasar tersebut, sudah rampung.

Menurut Romi, setelah proses tender dilakukan maka pembangunannya bisa dilaksanakan. “Memang pembangunan Pasar 10 Ulu ini mendesak, kami optimis penyelesaian akan sesuai dengan target yang diberikan Kementrian Perindustrian dan Perdagangan (Kemenperindag), selaku pemberi dana revitalisasi. Kita yakin, akhir Desember sudah selesa,” kata Romi yang dibincangi usai memimpin rapat revitalisasi Pasar 10 Ulu di Kantor PD Pasar Palembang Jaya, Senin (7/7).

Romi mengaku, pemkot akan bekerja seoptimal mungkin agar penyelesaian bisa tepat waktu. Karena katanya,  pemkot hanya memiliki waktu lima bulan untuk penyelesaian. Jika tidak selesai, maka dana bantuan tersebut akan menjadi dana sisa lebih perhitungan anggaran (silpa) sehingga otomatis dana tersebut kembali ditarik oleh Kemenperindag.

“Dana ini kan berasal dari APBN, ini uang negara. Lebih kurang Rp 10 miliar, dana yang dikucurkan untuk perbaikan Pasar 10 Ulu ini. Setelah selesai revitalisasi pasar ini, selanjutnya akan ada revitalisasi pasar tradisional lain seperti Pasar Gandus, Kamboja, Tangga Buntung dan lain-lain,” jelasnya.

Menurut Romi, nantinya ketika renovasi selesai dilakukan, maka sebutan pasar itu bukan lagi pasar tradisional melainkan menjadi pasar modern. “Namanya sebenarnya tidak berubah, hanya saja, kami melakukan perbaikan bangunan pasar menjadi lebih modern. Dengan revitalisasi bisa memperbaiki bangunan, agar lebih terlihat bersih. Nantinya secara bertahap seluruh pasar yang tidak layak akan kami revitalisasi sehingga dapat tercipta pasar tradisonal modern yang lebih bersih dan rapi,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Palembang Jaya , Apriadi Ces Busri mengatakan, saat ini PD Pasar segera melakukan relokasi pedagang yang ada di Pasar 10 Ulu, untuk pindah ke Klenteng yang terdapat di sekitar Pasar 10 Ulu. “Lokasi relokasi ini tidak jauh dari pasar, jadi tidak menyulitkan pedagang untuk tetap berjualan,” terangnya.

Sambung Apriadi, rencananya gedung pasar sementara akan dibangun satu lantai dulu. Untuk luas lahan Pasar 10 Ulu, tercacat sekitar 2500 M2. Namun, lahan yang akan digunakan untuk pembangunan gedung pasar hanya 1100 M2.

“Memang rencana awal akan dibangun dua lantai. Namun setelah dipikirkan, untuk menghemat waktu yang tinggal sisa lima bulan lagi maka  pertama ini kita akan memfokuskan pada pembangunan lantai dasar dan hamparan. Baru kemudian, untuk perluasan atau pengembangan kita akan membangun pasar dengan sistem bertingkat ke atas,” bebernya.

Apriadi menyebutkan, pada bangunan satu lantai tersebut terdiri dari kios, los dan lapak. Selain itu, katanya, pasar ini juga akan dilengkapi dengan berbagai sarana penunjang seperti musholla, toilet, fasilitas air bersih, hingga saluran drainase yang memadai. “Yah,  mudah-mudahan dapat selesai tepat waktu, karena ini menyangkut nama baik Pemkot Palembang,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster