Lagi, Warga Gandus Datangi Pemkot

9 total views, 3 views today

Kantor Walikota Palembang

Kantor Walikota Palembang

PALEMBANG – Puluhan warga dari Kelurahan Karang Jaya, Kecamatan Gandus, Palembang, untuk kedua kalinya mendatangi Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Mereka mendesak, pemkot segera menertibkan  bangunan rumah toko (Ruko) di Jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara RT 07/05, Kelurahan Karang Jaya yang diduga menjadi penyebab banjir di kawasan tersebut.

Koordinator Aksi (korak), Sobirin mengatakan, pembangunan di kota yang dibelah Sungai Musi ini sangat pesat, tetapi sayangnya, pembangunan yang ada tidak memperhatikan dampak lingkungan.

Apalagi sebutnya, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang dimiliki untuk mendirikan Ruko, diduga tidak sesuai dengan prosedur izin bangunan yang telah ditetapkan. “Percuma saja Palembang berulang-ulang meraih Adipura bahkan Adipura Kencana, tetapi lingkungan yang ada di Palembang masih tidak beres. Seharusnya, wali kota bisa memanajemennya dengan baik,” kata Sobirin, saat melakukan orasi didepan Pemkot Palembang, Senin (7/7).

Menurut Sobirin, adanya pembangunan Ruko empat pintu tersebut, telah menyebabkan banyak masalah seperti banjir, kerusakan rumah warga sekitar Ruko dan lainnya. “Kami berharap Wali Kota Palembang, segera menertibkan bangunan itu, dan segera mencabut izin berdirinya,” desaknya.

Sobirin juga menyayangkan lambannya pemkot, menanggapi aspirasi masyarakat. Karena sebutnya  pada 8 Mei lalu, warga sudah menyampaikan persoalan tersebut ke pemkot tetapi sampai kini, belum juga terlaksana. “Mungkin pemkot tidak bisa bekerja, sehingga kehendak kami tindak penah ada konfirmasi yang pasti,” keluhnya.

Namun hal itu, dibantah Asisten IV Setda Palembang, Asnawi P Ratu. Menurutnya tuntutan warga yang disampaikan pada 8 Mei lalu sudah disampaikan kepada instansi berwenang yakni Dinas Tata Kota.

Tetapi berdasarkan informasi Dinas Tata Kota, pembangunan Ruko tersebut sudah memiliki izin. “Kami mohon maaf, semua aspirasi sudah kami jalankan. Begitu juga kepada wali kota juga sudah disampaikan. Kami harapkan ini segera selesai,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 

 

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com