Antsispasi Teror, Polres Gelar Razia

 234 total views,  2 views today

Kapolres OI AKBP Asep Jajat Sudrajat saat memimpin razia cipta kondisi untuk mengantispasi teror diJalintim, Minggu (6/7/2014) | Dok KS

Kapolres OI AKBP Asep Jajat Sudrajat saat memimpin razia cipta
kondisi untuk mengantispasi teror diJalintim, Minggu (6/7/2014) | Dok KS

INDERALAYA  – Untuk mengantisipasi aksi teror menjelang pemilihan presiden (Pipres), 9 Juli 2014 mendatang, jajaran Kepolisian Resor (Polres), Kabupaten Ogan Ilir (OI), Minggu, (6/7), malam sekitar pukul 22.00 WIB menggelar operasi Cipta Kondisi di Jalan Lintas Timur (Jalintim), Km 35, tepatnya di depan Polsek Inderalaya.

Selain mengantisipasi akan adanya aksi teror, razia tersebut juga digelar guna mencegah masuknya barang-barang berbahaya seperti bahan peledak, senjata api, dan narkoba di wilayah OI.

Pantauan Kabar Sumatera, puluhan personel gabungan dari satuan Sabhara, Intelkam dan Reskrim Polres OI bersatu menggelar razia. Dalam razia ini, polisi memeriksa seluruh kendaraan yang melintas di jalan negara yang menghubungkan Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

Satu persatu kendaraan, penumpang dan barang bawaannya diperiksa polisi, terutama kendaraan roda empat bernomor polisi dari luar Sumatera Selatan. Selain memeriksa kendaraan roda empat, polisi juga memeriksa kendaraan roda dua yang melintas di jalur ini.

Truk-truk besar dan bus antar provinsi tidak luput dari pemeriksaan petugas. Bahkan, bagasi bus juga diperiksa dengan teliti oleh petugas baik berseragam maupun pakaian preman.

Meski tidak menemukan barang-barang berbahaya, namun operasi seperti ini masih akan terus digelar di sejumlah titik rawan kriminalitas di Jalintim hingga pemilihan pesiden dan lebaran mendatang.

Dalam razia tersebut, belasan kendaraan baik mobil dan motor terjaring razia lantaran tidak memiliki izin mengemudi. Selain itu, dua warga negara Thailand sempat diamankan lantatan masa kunjungannya di Indonesia telah berakhir.

Sementara itu, Senin (7/7), pagi, Polres OI menggelar simulasi pengamanan Pilpres di halaman Mapolres OI.

Simulasi yang dilaksanakan tidak hanya dalam menghadapi pilpres, namun bila terjadi bencana alam, situasi emergenci, termasuk  situasi dan keadaan lainnya, bahkan bila markas komando  (makom) diserbu oleh massa, petugas tentu harus siap.

Kapolres OI, AKBP Asep Jajat Sudrajat didampingi Kasatres AKP Suhardiman mengatakan, razia cipta kondisi yang digelar merupakan rangkaian kegiatan pengamanan jelang pilpres nanti.

Menurutnya, hal itu untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan menjelang, saat pelaksanaan hingga usai pilpres.

“Ya, kita ingin ciptakan suasana kondusif di OI jelang Pilpres nanti. Saat ini sudah siaga satu,” ungkapnya.

Kapolres menambahkan, sasaran dalam razia tersebut yakni bahan peledak, sajam, senpi, dan narkoba. Hal itu untuk menghindari gangguan keamanan.

Untuk simulasi, lanjut Kapolres, hal itu dilakukan jika terjadi kejadian secara mendadak, Polres sudah siap. “Ya, ini bukan hanya momen Pilpres ada, simulasi ini bisa dilakukan untuk menghadapi kejadian yang mendadak,” pungkasnya.

 

Teks : Junaedi Abdillah

EDITOR: SARONO P SASMITO

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster