Logistik Pilpres Dipastikan Aman

 260 total views,  2 views today

Logistik pemilu berupa kotak suara saat tiba di PPK Tanjung Batu

Logistik pemilu berupa kotak suara | Dok KS

EMPAT LAWANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang memastikan logistik untuk Pemilihan Presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang dalam keadaan aman. Dijadwalkan hari ini, Senin (7/7) logistik akan didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se kabupaten Empat Lawang.

Komisioner KPU Empat Lawang Divisi Logistik Pemilu, Iskandar menyebut, secara teknis logistik Pilpres, dalam keadaan aman. Mulai dari keseluruhan formulir C1 hingga C7, kemudian formulir DA, DB, tidak ada lagi persoalan. “Untuk keseluruhan formulir, semuanya sudah masuk dan kini petugas sekretariat KPU sedang mengeset dimasukkan dalam kotak suara,” kata Iskandar, Sabtu (5/7).

Kendati demikian, terang Iskandar, masih ada lagi yang belum masuk yakni sampul pemilu. Akan tetapi hal itu tidak dikategorikan dapat menghalangi jalannya proses pemilu, karena sesuai dengan aturan pemilu, bisa menggunakan plastik sebagai alternatif penggunaan sampul itu.

Walau pun begitu jelas Iskandar, pihaknya masih menunggu kiriman sampul tersebut dari KPU Sumatera Selatan (Sumsel) dan KPU RI. “Tinggal sampul lagi  belum datang, infonya masih dikirim,” jelas Iskandar.

Bagaimana dengan surat suara yang kurang 220 lembar ? mengenai surat suara yang kurang sebanyak 220 lembar, Iskandar memastikan sudah ada penggantinya yang dikirimkan oleh KPU Sumsel. Sehingga surat suara yang kurang itu, tidak ada lagi persoalannya. “Surat suara kurang, sudah ada penggantinya,” ungkapnya.

Ia juga memastikan, secara keseluruhan persiapan untuk Pilpres di Kabupaten Empat Lawang sudah mencapai 90 persen . “Kini proses akhir, yakni pendistribusian logistik ke PPK, PPS, dan KPPS. Dan akhirnya proses pencoblosan, dan penghitungan hasil suara,” ucapnya.

Mengenai tingkat keamanan, KPU yakin pelaksanaan Pilpres di Empat Lawang kondisi aman. Karena sejauh ini, tidak ada tindakan apapun yang membuat pihaknya harus mengambil langkah lain.

Hanya saja, KPU tetap berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk pengamanan Pilpres 2014. “Kitapun mengapresiasi positif  kepada aparat kepolisian,  karena mereka jauh-jauh sudah stand by di kantor untuk membantu pengamanan,” tambah Iskandar.

Lebih jauh Iskandar menghimbau kepada penyelenggara pemilu baik di sekretariat maupun PPK, PPS, KPPS untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Dan menjalani tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

“Terus berkoordinasi sesama penyelenggara Pemilu, apabila ada kendala di lapangan harap berkomunikasi dan berkoordinasi antara satu dengan yang lainnya. Sehingga penyelenggaraan Pilpres di Empat Lawang berjalan aman dan lancar,” tukasnya.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster