Kades dan Perangkat Desa Bakal Dilatih Hadapi Program Satu Desa Rp 1 M

 182 total views,  2 views today

MUARAENIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim mulai bersiap untuk melaksanakan program satu miliar satu desa, sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU) Desa yang rencananya akan diberlakukan mulai 2015 mendatang.

Untuk melaksanakan program tersebut, Badan Pemberdayaan Desa (BPD) Kabupaten Muaraenim akan mengangarkan dana Rp 1 miliar untuk pembinaan bagi para kepala desa (kades) dan perangkat desa di Kabupaten Muaraenim.

“Dana itu, akan kita anggarkan di Anggaran Belanja Tambahan (ABT). Dana ini, akan digunakan untuk bimbingan teknis (bimtek) bagi kades dan perangkat desa,” kata Kepala BPD Kabupaten Muaraenim, H Fajeri Erham, kemarin.

Melalui bimtek tersebut kata Fajeri, diharapkan kades dan perangkat desa di Muaraenim bisa memahami Standar Operasional Prosedur (SOP) administrasi yang akan dikelola termasuk pertanggungjawaban penggunaan dana tersebut.

“Mekanisme dan bentuk program satu miliar satu desa dari pemerintah pusat ini, kita belum tahu kejelasannya, apakah dalam bentuk uang anggaran langsung ke desa atau seperti yang sudah bergulir saat ini semacam PNPM dan sejenisnya. Begitu juga dengan pemerataan program apakah sama antara desa yang besar maupun desa yang kecil, ” terangnya

Hanya saja sambung Fajeri, menyikapi program tersebut tentu semua kades dan perangkat desa harus bersiap dengan harapan jika program itu sudah digulirkan, maka tidak ada lagi persoalan.  “Makanya nanti untuk pelatihan, nara sumbernya kita undang dari pusat yang paham dengan program tersebut. Sehingga nantinya, bisa lebih optimal,” ucapnya.

Fajeri menambahkan, kalaupun program satu milyar satu desa yang diprogramkan pemerintah pusat akan digulirkan, tentu nanti pihaknya akan mendapat surat edaran terkait hal itu.

Menurut Fajeri, program tersebut sangat besar sekali manfaatnya, sebab dengan adanya anggaran satu milyar untuk setiap desa akan mempercepat pembanguan setiap desa, sekaligus akan terjadi pemerataan disemua sektor pembangunan di setiap desanya.

“Kita menyambut baik adanya program satu milyar satu desa dari pemerintah pusat, karena itu besar sekali manfaatnya dan tentu akan berdampak pada pemerataan pembangunan desa disetiap daerah di Indonesia,” tukasnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster