Hasil Sidak BPPOM di Pasar Ramadhan Positif Mengandung Formalin

 285 total views,  2 views today

MUARAENIM – Balai Besar Pengawas  Obat dan Makanan (BBPOM) Sumatera Selatan (Sumsel), melakukan pemeriksaan terhadap makanan dan minuman yang dijual pedagang di Pasar Ramadhan Muaraenim, yang berada di kawasan Terminal Muaraenin, Kelurahan Pasar I.

Hasilnya, ditemukan 13 jenis makanan dan minuman yang mengandung formalin dan Rodamin B. “Selama bulan Ramadhan, kita tingkatkan intensitas pengawasan terhadap bahan makanan yang yang dijual, baik itu untuk sahur maupun berbuka puasa. Kita ditugaskan untuk mengecek tiga kabupaten/kota yaitu Muaraenim, Ogan Ilir (OI) dan Kota Prabumulih,” kata  Ketua Tim BBPOM Sumsel, Gustini saat dibincangi, kemarin.

Menurutnya, ada 16 sample makanan yang diambil dari Pasar Ramadhan Muaraenim untuk diperiksa. Ke 16 sample makanan tersebut diantaranya gorengan, kerupuk, tahu, mie, bakso, kue lapis, ikan teri, saos dan lainnya .

“Kami langsung periksa dengan mobil keliling, karena mobil kita difasilitasi dengan laboratorium untuk pengujian ditempat terhadap empat bahan makanan berbahaya  yakni formalin, boraks, Rodamin B dan metanil yellow. Keempat bahan ini  yang paling sering ditemukan penyalahgunaannya pada bahan makanan,” jelasnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, lanjut Gustini, 16 sampel ini ditemukan 12 makanan yang mengandung formalin dan satu makanan mengandung Rodamin B. “Satu jenis makanan yang mengandung Rodamin adalah es campur. Sementara 12 makanan mengandung formalin adalah makanan jenis tahu dan mie,” bebernya.

Masih menurut Gustini, khusus makanan bercampur pewarna tekstil Rodamin B langsung dibawa dan diserahkan kepada petugas, untuk dimusnahkan supaya jangan dimakan dan dibeli lagi oleh masyarakat.

Sementara yang mengandung  formalin  juga telah diamankan. “Dari hasil sidak yang kita lakukan, tidak semua makanan yang dijual mengandung berformalin. Ada juga yang bagus,” tukasnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster