Di SD Talang Padang OKU, Hanya Ada Dua Guru

 342 total views,  2 views today

 

SD Negeri di Desa Negeri Sindang,  Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Kabupaten OKU,

SD Negeri di Desa Negeri Sindang, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Kabupaten OKU,

BATURAJA – Dikala dua pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres), baik pasangan Prabowo-Hatta maupun Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf  Kalla (JK), sama-sama berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, namun di Sumatera Selatan (Sumsel) tepatnya di Desa Negeri Sindang, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Kabupaten OKU, salah SD Negeri disana, kondisinya memprihatinkan .

Bagaimana tidak, untuk mencapai ke sekolah tersebut, siswanya harus melalui jalan tanah merah. Saat musim penghujan, jalan tersebut rusak parah karena berlumpur dan licin. Satu-satunya kendaraan yang bisa melintas hanyalah sepeda motor, yang rodanya sudah dibalut rantai.

SD yang masuk wilayah administrasi Desa Negeri Sindang itu, informasi yang dihimpun Kabar Sumatera, awalnya aktivitas belajar dan mengajar berada dibawah rumah penduduk. Namun warga secara swadaya, akhirnya membangun sekolah tersebut dilahan wakaf seluas 50X50 meter.

Fisiknya, berdinding kayu, beratap seng dan berlantai tanah. Hanya ada dua kelas, dengan kondisi apa adanya. Sementara guru yang mengajar, hanya ada dua orang yang mengcover semua mata pelajaran untuk 50 siswa.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) OKU, Mahyudin Helmi yang di konfirmasi di ruang kerjanya, mengaku sudah mendapatkan informasi kondisi sekolah tersebut. Menurutnya, Disdik akan menganggarkan dana Rp 200 juta untuk perbaikan SD Talang Padang itu.  “Akan kita anggarkan Rp 200 juta di Anggaran Belanja Tambahan (ABT), untuk pembangunannya,” kata Mahyudin.

Namun sebut Mahyudin, Disdik terkendala dengan kepastian lahan. Lahan yang saat ini berdiri SD tersebut, belum bisa dipastikan apakah masuk dalam kawasan hutan lindung atau tidak. “Jika lahannya ada di kawasan hutan lindung, kami tidak bisa membangunnya,” ucapnya.

“Secepatnya Kepala UPTD Disdik Kecamatan Sosoh Buay Rayap dan Kades Negeri Sindang, akan dipanggil untuk memastikan apakah lahan di SD tersebut masuk dalam kawasan hutan lindung atau bukan. Jika bukan maka akan segera kita bangun,” tukasnya.

 

TEKS              : MUSLIM

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster