Dana Bangub Mulai Dicairkan

 250 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

INDRALAYA – Dana Bantuan Gubernur (Bangub), untuk 241 desa dan kelurahaan yang ada di Ogan Ilir (OI), senilai Rp 24,1 Miliar sudah mulai dicairkan.

Pencairan tersebut melalui Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) sejak Jumat (4/7)  laluInspektorat Kabupaten OI dan propinsi pengontrolan dana tersebut.

Kepala BPMPD Kabupaten OI, Dicky Syailendra, mengatakan, pencairan dana bangub untuk 241 kades/lurah yang ada di OI sebanyak 100 juta/desa/kelurahan mulai dicairkan. “Dalam satu tahun untuk satu kali pencairan,” ujarnya, kemarin.

Menurutnya, dana tersebut langsung ditransfer ke rekening desa bukan rekening kades atau lurah. Diharapkan, dana tersebut dapat disalurkan sesuai peruntukannya. “Dana itu (Bangub), harus digunakan dengan baik dan harus transparan,” ujar Dicky.

Dicky menambahkan, peruntukan bangub ini antara lain untuk kepentingan desa, organisasi dan operasional desa. Bantuan yang diterima harus dipertanggung jawabkan.

Disinggung Anggaran Dana Desa (ADD) dari Pemkab OI yang jumlahnya sekitar  Rp75 juta per desa, Dicky menjelaskan, untuk mencairkan termin kedua harus menyelesaikan terlebih dahulu laporan pertanggungjawaban termin pertama.

“Kalau termin pertama ada laporan, boleh saja mengajukan untuk termin kedua. Tetapi kalau belum selesai jangan berharap termin keduanya dicairkan. Harus selesai dulu termin pertama,” pungkasnya.

 

Teks    : Junaedi Abdillah

EDITOR   : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster