Pendapatan Restoran di Luar Hotel Menurun

 348 total views,  2 views today

Ilustrasi Rumah Makan | Dok KS

Ilustrasi Rumah Makan | Dok KS

PALEMBANG – Bulan puasa mungkin menjadi berkah bagi restoran atau rumah makan di lingkungan perhotelan. Akan tetapi, restoran dan rumah makan di luar hotel justru mengalami penurunan.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel, Erlan Asfiuddin menilai, hal tersebut terjadi hanya di awal-awal puasa saja dengan tingkat penurunan  sebesar 10%. Setelah minggu kedua bulan ramadan hingga H-7 lebaran penjualan restoran diprediksinya sudah akan normal kembali, bahkan cenderung ramai. “Saat ini bukan meningkat justru menurun karena waktu operasionalnya yang terbatas. Sebab hanya ramai di saat berbuka puasa, berbeda di hari normal,”jelasnya, Kamis (3/7), kemarin.

Erlan menyebutkan, tercatat restoran dan rumah makan di luar perhotelan yang ada saat ini sebanyak 573 titik. Semuanya terhitung dari rumah makan kecil dengan kapasitas kurang dari 50 orang sampai restoran besar yang tersebar di Palembang. Agar tetap dibanjiri pengunjung dan mempertahankan pelanggannya, dia mengimbau kepada pengelola restoran untuk membuat program promo menarik selama ramadan serta mengutamakan masakan yang halal. “Promo itu bisa berupa paket menu buka puasa misalnya,” imbuhnya.

Dihubungi terpisah, owner pusat jajanan Taman Permata Indah yang berlokasi di Jalan Angkatan 45, Nicolas Salim mengatakan, selama ramadhan penjualan kuliner keluarga di tempatnya memang cenderung menurun. Meski begitu, memasuki bulan puasa pihaknya sudah mengantisipasi penurunan dengan membuat promo khusus bagi pelanggan. “Kami khusus menyediakan menu baru berupa varian minuman es kopyor,” ujarnya.

Es kelapa kopyor ini ditawarkan dalam beberapa rasa diantaranya kopyor harum manis, kopyor susu, kopyor murni, dan kopyor batok. Disajikannya menu minuman segar ini menurutnya cocok untuk menu berbuka puasa pelanggan muslimnya. “Kami tawarkan dengan harga mulai Rp25.000-Rp40.000 pergelas. Harganya cukup tinggi karena penyajiannya memang istimewa,”sebut Nicolas.

Menurutnya, menu minuman terbaru ini pasti akan diminati selain menu-menu lainnya. Seperti chinese food dan aneka seafood, serta aneka minuman dan jus ala Taman Permata Indah.

 

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster