Jalan Desa Terusan Menang Terancam Putus

 265 total views,  2 views today

Terlihat  kondisi jalan di Desa Terusan Menang nyaris  terancam putus.

Terlihat kondisi jalan di Desa Terusan Menang nyaris terancam putus. | Foto : Doni

KAYUAGUNG – Kondisi jalan yang terletak di desa Terusan Menang, Kecamatan Sirah Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI),  terbis kondisi ini tentu membuat jalan poros itu terancam putus. Padahal jalan itu juga merupakan jalan alternatif penghubung antara Kabupaten OKI dan Palembang.

Pantauan Kabar Sumatera, Jumat (4/7), kondisi badan jalan sebalah kiri  tersebut mulai tergerus, hingga membentuk lobang kedalaman hingga 1,5 meter, akibat tergerus, untuk mengantisipasi terbis lebih lebih basar, warga setempat menancapkan  kayu  sebagai tanda agar kendaraan yang melintas tidak terjerembak di lobang tersbut.

Dikatakan Muji (32),  warga setempat yang sering melintas di jalan tersebut merasa khawatir, karena badan jalan itu mulai menyempit.

“Jalan ini memang jalan milik pemerintah provinsi Sumsel, sehingga perawatannya  wewenang pemerintah provinsi, saya berharap pemerintah segera memperbaikinya agar warga yang melintas tidak terganggu, apalagi sebentar lagi sudah memasuki musim mudik,” kata Muji.

Kondisi jalan yang sempit membuat pengguna jalan mengalami kesulitan saat melintas, apalagi ada dua kendaraan roda empat yang melintas dari arah yang berlawanan membuat lalulintas macet, kendaraan harus bergantian untuk melintas apalagi sebelah kiri dan kanan jalan merupakan rawa-rawa.

Akibat tanah jalan dipangkal jalan yang sudah ambrol, membuat badan jalan tidak kuat saat dilintasi kendaraan truk.

“Jalan ini sudah menghawatirkan akibat air sungai yang naik, sehingga pangkal jalan itu tergerus, kami tancapkan kayu di dekat lobang kiri dan kanan sebagai rambu-rambu, agar kendaraan tidak terjebak dalam lobang tersebut,” ujar Deri yang juga warga setempat.

Ucap Deri,   pemerintah harus segera memperbaiki jalan tersebut, karena jika tidak segera diperbaiki akan membahayakan pengedara yang melintas.

“Kerusakan ini terjadi saat banjir datang, sementara kami hanya memasang ranting kayu agar warga yang melintas tidak terjebak masuk kedalam lobang tersebut, sebaiknya pemerintah segera memperbaikijembatan tersebut,” jelasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga OKI Syamsul Bahri, mengatakan, pihaknya telah menerima laporan terkait terbisnya jalan tersebut dan akan segera diperbaiki terutama jalan yang masuk dalam tanggung jawab pemerintah kabupaten.

“Karena sekarang musim hujan sehingga wajar saja kalau tanahnya tergerus, apalagi jalan tersebut di sebelah kanan-kirinya air, akan  dianggarkan untuk di perbaiki, apalagi ini jalan alternatif  Kayuagung-Palembang, sementara untuk  yang berada di Desa Terusan Menang itu merupakan jalan provinsi sehingga pembangunanya itu akan dilakukan pemerintah provinsi,” ujarnya.

 

TEKS    : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster