Surat Suara “Hilang” 3000 Lembar

 282 total views,  2 views today

Proses Pelipatan Surat Suara

Surat Suara Pilpres 2014 | Dok KS

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, mengaku masih kekurangan 3000 lembar surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang. Ada kemungkinan 3000 lembar surat suara Pilpres tersebut “hilang”.

Sebab sebelumnya, KPU Palembang sudah menerima sebanyak 291 boks surat suara Pilpres, dimana satu boks berisi 4000 surat suara. Selain itu sebelumnya, KPU Palembang juga awalnya mengalami kekurangan 12 ribu lembar suara.

“Tetapi  setelah ditelusuri, tim packing logistik menemukan 9000 lembar surat suara tersebut terpacking dua kali untuk Kelurahan Pahlawan,” kata Ketua KPU Palembang, Abdul Karim Nasution, Kamis (3/7).

Setelah ditemukannya surat suara tersebut kata Karim, saat ini KPU Palembang masih kekurangan 3000 surat suara. Kekurangan tersebut sudah dilaporkan ke KPU Provinsi Sumsel. Namun, pihaknya masih mencari kemungkinan ada surat suara yang terpacking dua kali, seperti yang terjadi di Kelurahan Pahlawan.

Dijelaskan Karim, sebelumnya KPU Palembang menerima 291 boks surat suara Pilpres, satu boks berisi 4000 surat suara. Namun, saat disortir dan dilipat, diketahui surat suara Pilpres untuk Palembang masih kurang 300 lembar.  “Diawal pengiriman memang yang tertera di boks itu lengkap, namun setelah di sortir ternyata masih ada kekurangan 300 an surat suara,” terangnya.

Disisi lain kata Karim, saat ini KPU Palembang mulai mendistribusikan alat kelengkapan tempat pemungutan suara (TPS) seperti ATK, tinta, busa dan alat coblos. Sementara untuk surat suara diperkirakan mulai didistribusikan pada 5-6 Juli nanti.

“Untuk surat suara sudah diset per TPS, sekarang masih proses set untuk formulir, jika dapat selesai malam ini (kemarin), kemudian langsung di packing, jadi kemungkinan bisa didistribusikan tanggal 5 Juli atau paling lambat tanggal 6 Juli,” ujarnya.

Ia mengaku, saat ini logistik pemilu yang belum diterima KPU Palembang hanya sampul, diperkirakan hari ini (4/7) sudah tiba di KPU Palembang. “Jika tanggal 5 atau tanggal 6 Juli belum diterima juga, kemungkinan distribusinya akan kita susulkan,”  ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kota Palembang Riduansyah mengatakan, pihaknya secara resmi sudah mempertanyakan ke KPU Palembang, perihal kurangnya surat suara Pilpres sebanyak 12 ribu surat suara.

“Pada berita acara pertama, kita tahu surat suara itu komplit, namun setelah dilipat ternyata ada kekurangan berkisar 12 ribu surat suara, namun ternyata sudah ada perubahan lagi, surat suara itu sudah ketemu pada saat packing, tapi masih ada kekurangan 3000 an lagi,” tukasnya.

Ia menilai, ada hal aneh dari kurangnya suara suara tersebut. “Ini yang kita pertanyakan, dan kita sudah ajukan surat resmi ke KPU untuk meminta penjelasan terkait kurangnya surat suara tersebut,” tukasnya.

 

TEKS              : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster