XL Hadirkan Teknologi Untuk Tunanetra

XL Axiata

XL Axiata

PALEMBANG – Keunggulan perangkat Android layar sentuh kini dapat dinikmati oleh kaum tunanetra. Sebab XL sudah menghadirkan teknologi layar sentuh dilengkapi media input.

“Pertanyaan mengenai bagaimana kaum tunanetra dapat menggunakan layar sentuh, akhirnya terjawab tuntas. Jawaban itu diberikan pada sosialisasi penggunaan Android di Dinas Sosial khusus penyandang Cacat Tuna Netra Provinsi Lampung, beberapa hari lalu,” kata Anom Riyanto Senior Officer Corporate Communication XL Sumbagsel, Rabu (2/7).

Dikatakan Anom, acara yang diselenggarakan dan didukung penuh oleh XL ini diikuti oleh sekitar 150 orang tuna netra. Tiga orang tuna netra asal Jakarta yakni Budi, Septo dan Dewi hadir sebagai trainer untuk mencoba menularkan kemampuan mereka ke komunitas tuna netra yang ada di Lampung. Dengan kerja keras serta kemauan yang tinggi, mereka bertiga berhasil mematahkan semua persepsi orang banyak tentang tuna netra.

Dalam kesempatan tersebut mereka mendemonstrasikan langsung bagaimana mereka mengetik dan mengirim SMS, membaca status Facebook, mengirim WhatsApp hingga mengirim e-mail yang dilakukan dengan sangat lancar seperti orang normal pada umumnya, kegiatan  XL ini, juga membagikan kartu perdana komunitas gratis kepada seluruh peserta tuna netra yang hadir di acara tersebut.

Sementara itu Regional Sales Manager XL Lampung, Sondang Benny Damora mengatakan, XL selalu siap membantu semua lapisan masyarakat, Kaum tuna netra adalah salah satu dari bagian kita juga. Jadi kami dengan senang hati akan membantu mereka untuk dapat mengenal kemajuan teknologi, khususnya penggunaan perangkat layar sentuh Android.

Menurutnya, ini merupakan inspirasi yang sangat positif bagi kita semua, bagaimana mereka dengan segala keterbatasan yang mereka miliki tetapi bisa melakukan sesuatu yang sangat luar biasa yang tidak terpikirkan sebelumnya. Bagaimana mereka dengan pantang menyerah untuk terus belajar dan belajar agar bisa menjadi panutan bagi kaumnya sendiri dan bagi orang lain.

“Aplikasi Google Talk Back dan aplikasi Vocalizer Damayanti (yang diciptakan khusus untuk kaum tuna netra) sangat membantu mereka melakukan hal tersebut. Semua aplikasi yang ada di Android dapat mereka gunakan dengan mudah. Aplikasi-aplikasi tersebut mengkonversikan apa yang mereka sentuh di layar Android menjadi suara. Dengan cara itulah mereka bisa menerapkan semua yang ada di dalam OS Android. Mulai dari menelepon, SMS, social media, chatting hingga e-mail pun mereka lakukan dengan sangat mudah,” pungkasnya.

 

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com