Terkait Kenaikan TDL, Pemprov Lakukan Penghematan Energi

 275 total views,  2 views today

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

PALEMBANG – Kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) yang diberlakukan pemerintah sejak 1 Juli kemarin, tampaknya disikapi serius oleh Pemprov Sumsel, yaitu dengan melakukan penghematan energi agar tidak ada pembengkakan pada saat penagihan.

Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Setda Sumsel, Robby Kurniawan menjelaskan, pemprov akan segera menyesuaikan anggaran keuangan, untuk keperluan tagihan listrik yang mulai naik.

“Pastinya ada suatu kenaikan pada anggaran tagihan listrik di tubuh pemprov sendiri karena kebijakannya sudah diterapkan, jumlah besaran yang mesti dibayar akan bertambah,” kata Robby saat diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (2/7).

Menurutnya besaran yang akan dibayar sifatnya fluktuatif dan  pihaknya hanya memprediksi rata rata yang biasa digunakan. “Makanya, dananya kita siapkan secara lebih dari biasanya agar bisa mengantisipasi jika terjadinya pembengkakan. Kalau tidak, kan lucu kalau pemerintah sendiri yang ikut menunggak,” tegasnya.

Namun ia memastikan tidak akan menguras anggaran lain, untuk menutupi kemungkinan peningkatan tagihan listrik bulan-bulan berikutnya. “Dipastikan tidak ada pengurangan pos anggaran yang sudah ada tanggungjawabnya, hanya diatur untuk lebih efisien saja anggarannya,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, hal yang paling penting untuk menekan pembengkakan tagihan adalah efisiensi penggunaan listrik. “Sudah kami jelaskan kepada jajaran Pemprov Sumsel terkhusus di Sekertariat Daerah, untuk mematikan listrik jika tidak diperlukan, menggunakan listrik hanya seperluanya saja,” imbaunya.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementrian ESDM menetapkan kenaikan Tarif Dasar Listrik  (TDL) pada 1 Juli lalu. Kenaikan tersebut dipercepat dari rencana sebelumnya, yang akan ditetapkan pada 1 Januari 2015 mendatang. Kenaikan tersebut akan dilakukan  secara bertahap dua bulan sekali. Akhir November keenam golongan akan tidak dapat subsidi.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster