Penertiban Terminal Bayangan Terkendala Pasar Induk

 296 total views,  2 views today

 

Ilustrasi Terminal

Ilustrasi Terminal

BATURAJA – Tidak berfungsinya pasar induk  di Baturaja, ternyata memberikan dampak terhadap aktivitas di Terminal Batu Kuning.  Tidak adanya aktivitas perdagangan di pasar tersebut, membuat Terminal Batu Kuning, ikut mati suri.

Akibatnya kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Firmansyah,  banyak masyarakat yang menumpang kendaraan umum minta diturunkan di Pasar Atas dan Pasar Baru.

Sebab mereka beranggapan, pasar induk belum beroprasional. “Dengan tidak adanya aktivitas di pasar induk, otomastis penumpang enggan datang ke Terminal Batu Kuning. Sehingga dampaknya, terminal tersebut menjadi sepi,” terang Firmansyah, Rabu (2/7).

Sepinya aktivitas di Terminal Batu Kuning ini membuat banyak kendaraan umum, lebih memilih menaik dan menurunkan penumpang di sejumlah titik terminal banyangan, seperti di Pasar Baru dan Pasar Atas. Hal ini diakibatkan,  masyarakat enggan berbelanja di pasar induk.

“Sekarang, baru ada beberapa kendaraan saja yang mangkal di Terminal Batu Kuning, seperti kendaran jurusan OKU Selatan dan Ulu Ogan, selebihnya mangkal dibeberapa terminal bayangan,” jelasnya.

Dishub sebutnya, sudah berupaya melakukan penertiban terminal bayangan tersebut bersama Kepolisian Resort (Polres) OKU. “Penertiban sering kita lakukan, namun sopir angkutan umum masih membandel dan memilih untuk mangkal di terminal bayangan. Mereka enggan ke Terminal Batu Kuning, karena sepiny penumpang disana,” ucapnya.

Karenanya sebut Firmansyah, Dishub akan berupaya menghidupkan aktivitas di Terminal Batu Kuning. “Selain penertiban, aktivitas di Terminal Batu Kuning akan kita hidupkan, jika sudah ramai saya yakin kendaraan umum akan memilih mangkal di Terminal Batu Kuning. Dengan demikian terminal bayangan, akan hilang dengan sendirinya,” tukasnya.

 

TEKS              : MUSLIM

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster