Muaraenim Kekurangan Penyuluh

 248 total views,  2 views today

MUARAENIM – Kabupaten Muaraenim sampai saat ini, masih kekurangan tenaga penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan. Padahal kabupaten ini, memiliki wilayah yang luas terdiri dari desa dan kelurahan.

“Idealnya Kabupaten Muaraenim memiliki 225 penyuluh, sesuai dengan jumlah desa atau kelurahan yang ada di Kabupaten Muaraenim sebanyak 225 desa/kelurahan. Idealnya satu desa itu satu penyuluh,” kata Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertaniaan Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Muaraenim, Maryana, Rabu (2/7).

Namun kata dia, saat ini Kabupaten Muaraenim hanya memiliki sebanyak 207 penyuluh yang tersebar di setiap kecamatan dan desa yang ada di Kabupaten Muaraenim. 207 penyuluh tersebut diantaranya 156 orang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan 51 berstatus Tenaga Harian Lepas (THL).

Meski mengalami kekurangan terang Maryana, BP4K tidak bisa menambah begitu saja jumlah tenaga penyuluh. Karena untuk THL, sifatnya diterima dan diangkat dari pusat dengan sistem kontrak satu tahun dan diperbarui setiap tahunnya.

“Untuk saat ini, tidak ada penerimaan untuk penyuluh THL dari pusat. Meski demikian, kita tetap mengoptimalkan penyuluh yang ada. Karena jumlah penyuluh tidak cukup untuk satu desa satu penyuluh, kita siasati satu penyuluh mengkoordinir tiga desa,” bebernya.

Keberadaan penyuluh lanjut Maryama, sangat dibutuhkan dan efektif dalam pembinaan kemasyarakat terutama dibidang pertanian, perikanan maupun kehutanan. Sebab dinas-dinas yang menaungi bidang tersebut, tidak mungkin dapat mendatangi setiap desa-desa yang ada, untuk memberikan bimbingan ataupun pelatihan dan sebagainya.

“Oleh karenanya, para penyuluh tentu sangat efektif dan memiliki peran penting keberadaanya dalam upaya pembinaan kemasyarakat utamanya dibidang pertanian, perkebunan, ketahanan pangan, perikanan dan peternakan maupun kehutanan di Kabuapten Muaraenim,”  tukasnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR           : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster