Mock Up Pesawat di Asrama Haji Bisa Digunakan Secara Gratis

 263 total views,  2 views today

Ilustrasi Jemaah Haji | Bagus Park

Ilustrasi Jemaah Haji | Ist

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel bekerjasama dengan PT Garuda Indonesia, telah membangun mock up pesawat, yang diperuntukkan bagi seluruh jemaah haji dan umroh di Sumsel, sebagai fasilitas yang menyeluruh dan edukatif.

Mock up pesawat tersebut, telah bisa dimanfaatkan dan gratis bagi seluruh masyarakat Sumsel. Karenanya masyarakat Sumsel kata Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Pemprov Sumsel, Robby Kurniawan, bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

“Visi kita ingin menjadikan asrama haji ini terbaik dan fasilitasnya terlengkap. Semuanya sudah on progress, pembangunan kawasan terpadu embarkasi haji Sumsel yang terdiri dari replika Kabah dan lintasan sa’i dengan ukuran yang sebenarnya,  agar peserta haji dapat melakukan manasik tawaf dan sa’i dengan jarak tempuh seperti di Mekkah,” kata Robby, Rabu (2/7).

Menurutnya, fasilitas tersebut adalah yang terbaik di Indoenesia. Tak hanya itu saja, pembangunan hotel syariah juga sebagai fasilitas pendukung, kegiatan manasik haji dan umroh. Selain untuk memberikan pelayanan akomodasi calon jemaah maupun para pengantar, juga mendukung sektor pariwisata Sumsel.

“Jadi semuanya sudah berjalan, khusus mock-up pesawat ini juga sudah banyak KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji), yang sudah mengajukan permohonan memakai mock-up tersebut untuk latihan, jadi siapa cepat dia dapat,” terang Robby.

Sejauh ini  sambung Robby, instruktur dan operator mock-up tersebut masih berasal dari pihak Garuda. “Kami sudah koordinasi,  ada karyawan Garuda yang tidak on flight diperbantukan disini.  Mock-up ini tidak komersil, tujuannya edukasi berbuat amal dan fasilitas yang diberikan Pemprov Sumsel kepada masyarakat Sumsel,” jelasnya.

Sedangkan untuk SDM dari pemprov sendiri terangnya, sedang direncanakan. Kemungkinan di musim haji mendatang, operator mock up pesawat tersebut sudah berasal dari Pemprov Sumsel.

Menurut Robby, banyak manfaat yang bisa dirasakan masyarakat melalui mock up tersebut, terlebih masyarakat akan diberikan pengertian mengenai keselamatan dan kenyamanan kenyamanan penerbangan.

“Karena itu yang utama, megingat banyak yang hanya punya pengalaman terbang jarak pendek. Diajarkan mengenai kendala-kendalanya, apalagi usia jemaah sudah lanjut,” bebernya.

Selain digunakan untuk jemaah haji dan umroh, sambung Robby,  mock-up pesawat juga bisa digunakan bagi pelajar baik tingkat dasar maupun tingkat atas ataupun mahasiswa yang ingin mengetahui tatacara keberangkatan haji dan umroh.

“Jadi yang penting ada unsur edukatif, pengajuannya ke pemprov Sumsel melalui biro umum dan gratis. Karena inilah fungsi pemerintah yang memang tak sepenuhnya harus komersil. Kalau ini benar-benar bermanfaat, kenapa tidak,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster