Koperasi Topang Ekonomi Kerakyatan

 190 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PAGARALAM – Ekonomi kerakyatan menjadi salah satu prioritas pembangunan di Bumi Besemah ini. Salah satu upayanya yakni melalui pergerakan koperasi dan usaha kecil menengah (UKM) sebagai tempat produktivitas pedagang kreatif di lapangan. Hal itu dikemukakan Wali Kota Pagaralam, Hj. Ida Fitriati Basjuni, kemarin.

Menurutnya, di era globalisasi ini koperasi masih tetap dianggap penting dan relevan. Perkembangan ekonomi suatu daerah tidak hanya ditentukan oleh usaha baik itu swasta, badan usaha milik negara atau juga milik daerah.

“Adanya pergerakan koperasi begitu andil dalam nenyumbang pertumbuhan ekonomi daerah, termasuk juga UKM. Sebab itu, koperasi dan UKM tetap harus didukung tumbuh kembangnya,” kata Ida.

Di samping itu lanjutnya, pada tahun 1998 lalu negeri ini pernah terpuruk oleh situasi ekonomi yang sangat buruk dan terjadi krisis moneter yang mengguncangkan negeri. Sementara keberadaan koperasi justru menunjukkan ketangguhannya sebagai badan usaha yang turut membantu kebangkitan ekonomi. Koperasi dapat membantu mengatasi pengangguran dan kemiskinan dengan pengembangan yang jelas.

“Sebagaimana daerah lain, kita tetap mengharapkan koperasi dan UKM menopang wilayah dan menggerakkan ekonomi kerakyatan,” sebutnya.

Ida menambahkan, dengan mencermati Kota Pagaralam yang memiliki potensi pariwisata dan agribisnis pertanian yang mampu bersaing dengan wilayah lainnya di Sumatera Selatan harus diciptakan strategi meningkatkan ekspor hasil agribisnis pertanian dan membangun sentra kerajinan .

“Ya, industri pariwisata dan pelaku industry kreatif di lapangan harus dibina dan menguasai informasi dan sebagainya. Mereka harus diberi wadah koperasi agar bisa membantu meningkatkan hidup masyarakat Pagaralam yang sudah mencapai 160 ribu jiwa ini,” katanya seraya berujar melalui dukungan pemerintah dalam menumbuhkembangkan sistem perkoperasian, tentunya dapat memberikan sumbangsih tehadap pemerntah dalam mendukung pembangunan daerah.

 

TEKS      : ANTONI STEFEN
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster