Golput Berpotensi Tinggi ?

 273 total views,  2 views today

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

EMPAT LAWANG – Jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak suaranya, pada Pemilihan Presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang di Kabupaten Empat Lawang, berpotensi tinggi. Kemungkinan ini, buntut dari keterlambatan distribusi model C6 atau undangan bagi pemilih, dari KPU RI ke daerah.

Bukan hanya formulir C6 saja, sejumlah logistik Pilpres belum tiba di KPU Empat Lawang seperti formulir C2 sampai C7, D1 hingga D6 serta DA1 serta DA6. “C6 belum masuk, padahal harusnya paling lambat dua atau tiga hari lalu, sudah pengepakkan. Tetapi sampai sekarang belum tiba,” kata Ketua KPU Empat Lawang, A Rivai melalui Sekretaris, M Mursadi, Rabu (2/7).

Diakuinya, jika dalam dua hari kedepan formulir C6 belum masuk ke KPU Empat Lawang, bukan tidak mungkin angka golput semakin tinggi. Karena jedah waktu pengisian, distribusi ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan pembagian ke masyarakat, waktunya tidak akan cukup lagi.

Apalagi sebutnya, jarak tempuh di Empat Lawang cukup sulit dicapai, belum lagi Sumber Daya Manusia (SDM) di KPU Empat Lawang dan jajaran hingga ke petugas PPS, belum mumpuni.

“Padahal pemungutan suara tinggal sepekan lagi, melalui formulir C6 itu awalnya kita berencana akan mensosialisasikan adanya perampingan delapan TPS di Muara Pinang,” jelas Mursadi.

Mursadi menyebut, KPU Empat Lawang sudah beberapakali menanyakan keterlambatan pengiriman formulir tersebut ke KPU Sumsel dan KPU RI.  Namun hingga saat ini, jawaban tetap sama bahwa pengiriman masih dalam perjalanan.

Mursadi berharap, seluruh formulir logistik Pilpres di Kabupaten Empat Lawang segera tiba. Sebab beberapa formulir dimaksud, masih harus diperiksa di sortir sebelum dilakukan pengepakan dan disalurkan ke seluruh TPS.  “Jika formulir ini terlambat tiba di KPU, dipastikan kami juga kerepotan dikejar waktu. Potensi Golput pun bisa tinggi, karena undangan memilih terlambat dibagikan,” jelasnya.

Sementara itu, bilik suara atau tempat untuk mencoblos, kembali tiba di KPU Empat Lawang. Kali ini, bilik suara yang tiba, terbuat dari bahan kardus sekitar 1.300. Sedangkan bilik suara yang terbuat dari plat, sudah ada sekitar 800 buah.

Dengan demikian, bilik suara untuk Pilpres di Kabupaten Empat Lawang dipastikan mencukupi, dengan asumsi masing-masing TPS akan diberikan empat bilik suara. Di Kabupaten Empat Lawang sendiri, ada 545 TPS.  “Kalau bilik suara dari kardus, itu tambahan saja,” tukasnya.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster