Polres Musirawas Tetapkan Tersangka Kredit Fiktif

 217 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

MUSI RAWAS – Polres Musirawas, Sumatera Selatan menetapkan dua tersangka dugaan korupsi kredit fiktif dilakukan pegawai salah satu bank pembantu di Kecamatan Megang Sakti, Kabupaten Musirawas yang merugikan negara tar Rp3,6 miliar.
“Kami belum bisa menyebutkan indentitas kedua tersangka itu karena masih menunggu kepastian audit dari Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP) Palembang,” kata Kapolres Musirawas AKBP Chaidir, Selasa.

Selama ini penyidik sudah memeriksa sebanyak 25 orang saksi dari baik dari masyarakat umum maupun internal salah satu bank daerah di Kecamatan Megang Sakti tersebut, penyidik masih menunggu hasil audit BPKP dari otoritas jasa keuangan (OJK) tingkat provinsi di Palembang.

Ia menjelaskan kredit fiktif di salah satu bank di Kecamatan Megang Sakti terungkap dari hasil audit BPK beberapa waktu lalu yang menemukan kejanggalan di proses kredi, setelah itu penyidik tindak pidana korupsi (Tipikor) Polres melakukan penyidikan dan menemukan 12 nomor rekening fiktif dengan jumlah dana dikucurkan sekitar Rp 3,6 miliar.

Sekarang proses penyidikan masih berlangsung dan pengembangan penyelidikan, sehingga tidak menutup kemungkinan jumlah tersangka akan bertambah tergantung hasil penyelidikan nanti, masalah kasus tindak korupsi tidak ada toleransi dan merupakan target kepolisian untuk mengungkapnya.

Penyidik tidak gegabah penentukan tersangka dalam dugaan kasus korupsi tersebut tentu akan dilengakpi bukti kuat, meskipun dalam waktu dekat akan ada lagi tersangka baru yang akan ditetapkan oleh penyidik.

Menurut sumber menyebutkan sebelumnya dua orang petugas bank di Kota Lubuklinggau melakukan pengambilan dokumen yang diperiksa aparat Pidkor Polres Musirawas, dokumen tersebut diduga laporan keuangan, namun tidak berhasil mendapatkan keterangan dari dua pegawai bank tersebut.

Sementara pimpinan bank di Kota Lubuklinggau saat dikonfirmasikan juga tidak berhasil ditemui karena bersangkutan tugas ke luar kota, sedangkan pejabat berwenang lainnya di bank tersebut juga mau berkomentar.

 

TEKS: T MASRISYAH

EDITOR: SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster