Panwaslu OI Galang 1.600 Relawan

 328 total views,  2 views today

 

M Mal'an SIP ketua Panwascam Tanjung Batu

M Mal’an SIP ketua Panwascam Tanjung Batu

INDERALAYA – Guna mewujudkan program Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI gerakan sejuta relawan, Panwaslu Ogan Ilir (OI) menargetkan 1.600 relawan yang bergabung untuk melakukan pengawasan pelaksanaan proses demokrasi pemilihan pilpres 9 Juli mendatang.

“Kalau dari Bawaslu RI sejuta relawan mandiri, di kita targetnya 1.600 relawan, namun yang bergabung baru 69 orang semuanya kebanyakan mahasiswa Unsri, PGRI, Muhammadiyah, dan sebagainya. Tugasnya melakukan pemantauan tahapan pemilu,” kata Ketua Panwaslu OI Syamsul Alwi didampingi Anggota Komisionernya Medi Irawan dan Darmawan Iskandar, Selasa (1/7) kemarin.

Menurut Syamsul, minimnya peserta relawan lantaran minimnya ketersediaan dana. Para relawan bertugas melakukan pemantauan tahapan pemilu hingga minggu tenang dan saat pencoblosan.

“Ya mengawasi, sejauh ini belum ada laporan kecurangan, namun untuk Bawaslu RI pasti banyak laporannya. Sehingga kita ajak masyarakat melakukan pengawasan sekaligus menjadi relawan mandiri,” paparnya.

Untuk itu, lanjut Syamsul, pihaknya menggelar diskusi publik pengawasan partisipatif, pemilu berbasis masyarakat. “Selain itu kita libatkan juga para jurnalis, panwascam, tokoh masyarakat, mahasiswa. Untuk kegiatannya Jumat (4/7) nanti. Tujuan akhirnya meningkatkan partisipasi pemilu dalam rangka melaksanakan demokrasi yang jurdil,” kata Syamsul.

Sementara itu, guna menyongsong Pilpres serta penguatan kapasitas Pengawas Pemilu Lapangan (PPL), yang ada di tiap desa, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Tanjung Batu, melakukan rapat kerja.

Rapat tersebut diikuti seluruh PPL se Kecamatan Tanjung Batu dan dihadiri Ketua Panwascam Kecamatan Tanjung Batu, M Mal’an S.IP, Ketua Sekretariat Lukman Bani, anggota beserta staf Panwascam termasuk seluruh PPL yang hadir.

Ketua Panwascam dalam sambutannya mengatakan tujuan diselengarakannya rapat kerja ini untuk memberikan penguatan kapasitas PPL dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

“Kami ingin mereka (PPL) dapat bekerja sesuai dengan mekanisme serta ketentuan yang telah ditetapkan.” jelasnya

Selain itu, sambung Mal’an, dalam hal pengawasan yang dilakukan tersebut semuanya harus berjalan sesuai dengan tahapan demi terlaksananya penyelengaraan pilpres sesuai yang diharapkan.

 

“Kami menginginkan PPL dan anggota Panwascam tetap fokus karena sudah mendekati H – 8 Pilpres ini. Diharapkan kerja semaksimal mungkin supaya mendapatkan hasil yang kita inginkan,” pungkasnya

 

Teks    : Junaedi Abdillah/Nofriyadi (MG)

EDITOR  : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster