Gugatan PHPU Empat Lawang Ditolak

 208 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

EMPAT LAWANG – Gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) pemilu legislatif DPRD  Kabupaten Empat Lawang 2014,  diajukan sejumlah partai politik dan calon legislatif (Caleg) ke Mahkamah Konstitusi (MK) di tolak.

Diinformasikan hasil putusan sidang MK, Senin (30/6) menolak seluruh gugatan, dan putusan ini menguatkan keputusan pleno KPUD Empat Lawang, terkait hasil suara dan caleg terpilih periode 2014-2019.

Dimana sidang atas sengketa pileg 2014 di MK, terselenggara secara kolektif se Sumatera Selatan (Sumsel). “Pembacaan keputusan sidang MK sudah kemarin Senin (30/6), hasilnya keputusan kita tidak dirubah,” kata Komisioner KPU Divisi Hukum A Majid dihubungi, Selasa (1/7)

Dijelaskan Majid, adanya keputusan sidang MK ini menjadi penguat ketetapan yang telah dilaksanakan KPUD pada saat pleno. Diketahui setidaknya ada 6 gugatan disampaikan caleg dan parpol terkait PHPU di KPUD Empat Lawang, diantaranya caleg PDI Perjuangan, dua caleg Hanura, PKPI, Partai Bulan Bintang dan Partai Amanat Nasional.

KPU Empat Lawang masih menunggu salinan resmi keputusan MK tersebut, sehingga secepatnya keputusan pleno KPUD Empat Lawang bisa disampaikan kepada pihak eksekutif dan legislatif yang ada, agar ditindaklanjuti dan caleg terpilih dapat dilantik pada hari telah ditetapkan.

Majid berharap dengan adanya keputusan MK ini, pihak penggugat dapat menerima dengan lapang dada sebagai pendewasaan berpolitik. Apalagi ungkap Majid, caleg yang menggugat ini kebanyakan merupakan anggota legislatif petahana atau calon lama, sehingga kematangannya dalam berfikir tentunya lebih baik. “Upaya sudah ditempuh, dan MK merupakan upaya akhir,” imbuhnya.

Majid memaparkan, untuk Sumsel sendiri yang diterima gugatannya yakni gugatan Ahmad Yani, sehingga ada perhitulangan ulang nantinya di Kabupaten Musi Rawas. Lebih jauh di beberkannya, dalam sidang pileg ini secara kolektif pengacara pun merupakan pengacara nasional yang sudah ditetapkan oleh KPU RI. “Ya, dengan selesainya ini, kita akan konsentrasi ke Pilpres, waktunya pun tinggal menghitung hari,” tukasnya.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster